EVALUASI HASIL PENETAPAN DPS PILKADA 2017 DI JAWA TENGAH

//EVALUASI HASIL PENETAPAN DPS PILKADA 2017 DI JAWA TENGAH

EVALUASI HASIL PENETAPAN DPS PILKADA 2017 DI JAWA TENGAH

Semarang,kpu-jatengprov.go.id- Ribuan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) yang menurut data sementara tersebar di 12.769 TPS di 7(tujuh) KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pilkada Serentak 2017 di Jawa Tengah sudah merampungkan tugasnya dalam melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dengan mendatangi pemilih secara langsung sesuai dengan wilayah TPS nya.

Pemilih yang memenuhi syarat sebagai pemilih oleh PPDP, diberikan  tanda bukti telah terdaftar ( Model AA.1-KWK) dan stiker bukti telah didaftar   (Model AA.2-KWK) untuk ditempelkan di rumah sebagai bukti telah didatangi oleh PPDP.

Rekapitulasi daftar pemilih untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil pemutakhiran tingkat kabupaten/kota pada Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2017 sesuai jadwal sudah dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober sd 2 November, untuk kemudian akan disampaikan kepada masing-masing PPS, jumlah total DPS yang ditetapkan per 2 November sebanyak 6.439.931 orang.

Untuk mendukung proses  penyusunan pemutakhiran data pemilih, KPU juga memanfaatkan teknologi informasi  yaitu  Aplikasi Sidalih( Sistem Informasi Data Pemilih ), yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat sebagai bukti transparansi penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dan akuntabel.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sudah ditetapkan nantinya akan  diumumkan mulai tanggal 10 November sd 19 November 2016 disetiap desa atau kelurahan untuk diketahui oleh publik dan mendapatkan tanggapan dari masyarakat, sehingga apabila ada masukan atau tanggapan seperti laporan ada warga yang belum terdaftar akan segera diproses untuk dimasukkan sebagai perbaikan DPS.

Dalam rapat yang diselenggarakan di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Rabu, 2 Novemver 2016 disampaikan persoalan yang banyak ditemukan di lapangan pada saat proses coklit adalah masih banyaknya masyarakat yang belum mempunyai e-KTP atau bahkan belum melakukan perekaman data E-KTP di Kantor Disdukcapil sedangkan syarat sebagai pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2017 adalah dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Pemilih Elektronik.

Oleh karena itu penyelenggara Pemilu dari tingkat Kabupaten/ Kota sampai pada penyelenggara Pemilu tingkat bawah diminta kembali mensosialisasikan Tahapan pemutakhiran daftar pemilih pada warga masyarakat untuk memastikan kembali apakah namanya sudah terdaftar atau belum, agar dapat menggunakan Hak Pilihnya pada tanggal 15 Februari 2017 nanti  dengan memperhatikan persyaratan sebagai pemilih yang sesuai dengan ketentuan dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2016, adalah :

  1. Warga Negara Indonesia yang genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih pada hari pemungutan suara atau sudah/pernah kawin;
  2. Tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter;
  3. Tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  4. Berdomisili di daerah Pemilihan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik;
  5. Dalam hal Pemilih belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik tetapi sudah melakukan perekaman data e–KTP sebagaimana dimaksud dalam huruf d, dapat menggunakan Surat Keterangan yang diterbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat;
  6. Tidak sedang menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia, atau Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Kemudian bagi Warga Negara Indonesia yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih, namun setelah dilakukan coklit ternyata tidak lagi memenuhi syarat diatas maka Warga Negara Indonesia dimaksud tidak dapat menggunakan hak memilihnya.

Mensikapi kasus seperti masyarakat setempat yang merantau dan tidak pernah pulang, bekerja di luar negeri dan pemilih yang pindah domisili antar kabupaten dan antar provinsi, KPU Kabupaten/ Kota diminta melakukan koordinasi lagi dengan Disdukcapil dan Dinas Tenaga Kerja bersama Panwas agar permasalahan yang ditemui di lapangan bisa ditemukan penyelesaiannya sebelum penetapan Daftar Pemilih pada tanggal 6 Desember 2016 nanti.

 

By | 2017-01-19T15:01:10+00:00 November 4th, 2016|Info Pilkada|Komentar Dinonaktifkan pada EVALUASI HASIL PENETAPAN DPS PILKADA 2017 DI JAWA TENGAH

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras