Ketua KPU Resmikan “Rumah Demokrasi”

//Ketua KPU Resmikan “Rumah Demokrasi”

Ketua KPU Resmikan “Rumah Demokrasi”

Sukoharjo, kpu-jatengprov.go.id — Partisipasi pemilih di setiap pemilu maupun pilkada selalu menjadi indikator legitimasi keterlibatan masyarakat dalam kegiatan politik. Tingkat partisipasi yang tinggi mengindikasikan bahwa masyarakat mengikuti dan memahami serta melibatkan diri dalam proses pemilu. Sebaliknya partisipasi yang rendah pada umumnya menandakan rendahnya minat untuk ikut terlibat, bahkan ada kecenderungan bersikap apatis. Untuk itulah KPU dan jajarannya gencar melakukan pendidikan pemilih melalui bermacam cara, salah satunya melalu pendirian Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang digalakkan di setiap KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Ketua KPU, Juri Ardiantoro mendorong KPU Kabupaten/Kota untuk mendukung program KPU dalam pengembangan RPP sebagai sarana pendidikan pemilu bagi masyarakat. Hal ini disampaikannya saat peresmian RPP di KPU Kab. Sukoharjo, Selasa (24/1).

“Kami ingin merangsang inisiatif dan partisipasi KPU Kabupaten/Kota untuk mendukung pengembangan rumah pintar pemilu yang berfungsi untuk masyarakat sebagai tempat sarana pendidikan pemilu dan menjadi rujukan dokumentasi kegiatan pemilu”, terang Juri.

Menurutnya lebih lanjut, melalui RPP masyarakat diberikan motivasi untuk mulai belajar tentang politik sehingga bisa memilih pimpinan yang bisa memberikan kemajuan bagi daerahnya.

RPP KPU Kabupaten Sukoharjo yang diberi nama “Rumah Demokrasi” ini didirikan dengan memanfaatkan ruang dan fasilitas yang ada. Meskipun tidak seberapa besar namun informasi  yang disediakan sangat lengkap.

“Rumah Demokrasi menyediakan beberapa informasi mengenai sejarah pemilu, hasil pemilu, seluruh dokumentasi pemilu dan perolehan hasil pemilihan bupati yang pertama sampai sekarang. Di samping itu tersedia ruang diskusi dan simulasi untuk belajar bersama tentang pemilu, perpustakaan mini, serta ruang audio visual yang menayangkan dokumentasi awal pemilu sampai sekarang”, jelas Kuswanto, Ketua KPU Kab. Sukoharjo.

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang diwakili Wakil Bupati, Purwadi memberikan apresiasi terhadap pendirian Rumah Demokrasi. Ia berharap dengan Rumah Demokrasi ini mampu memberikan motivasi lebih untuk bekerja dan berkarya untuk menyelenggarakan pemilu berikutnya. (nar/red)

By | 2017-01-25T09:30:02+00:00 Januari 25th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Ketua KPU Resmikan “Rumah Demokrasi”

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras