Mendongkrak partisipasi pemilih dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu

//Mendongkrak partisipasi pemilih dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu

Mendongkrak partisipasi pemilih dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu

Semarang, kpu-jatengprov.go.id, Dalam rangka mendapatkan masukan dan saran terkait Pendirian Rumah Pintar Pemilu, Ketua KPU Provinsi Riau, Dr. H. Nurhamin, S.Pt, MH beserta Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Riau, Nirson, S.Sos berkesempatan untuk mengunjungi Rumah Joglo Pemilu (RJP) Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis, 19 Januari 2017.

Rombongan yang diterima oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo, diajak  melakukan touring ke dalam setiap ruangan di dalam Rumah Joglo Pemilu (RJP) Provinsi Jawa Tengah yang launching pada tanggal 1 Juni tahun lalu.  Pendirian  Rumah Pintar Pemilu sebaiknya disesuaikan dengan standart yang dibuat oleh KPU RI, yaitu  harus memiliki 4 ruangan diantaranya Ruang Audio Visual, Ruang Display/alat peraga, Ruang Simulasi TPS dan Ruang Diskusi, namun jika memang memiliki ruangan yang terbatas maka diharapkan masing-masing Satker dapat melakukan inovasi dalam hal pemanfaatan dan penataan ruangan .

Sebagaimana diketahui, pendirian Rumah Pintar Pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, oleh karena itu kedepannya pendirian Rumah Pintar Pemilu akan ada di KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia. Untuk menghidupkan Rumah Pintar Pemilu , dapat dilakukan berbagai inovasi  kegiatan diantaranya mengadakan diskusi, talkshow , nonton bareng  , seminar pendidikan pemilih atau bentuk kegiatan inovatif lainnya dengan kelompok sasaran adalah pra pemilih, pemula, perempuan, agama, disabilitas dan marginal.

Di akhir pertemuan, Nurhamin sangat berterima kasih atas sambutan dan dukungan yang diberikan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mewujudkan Rumah Pintar Pemilu yang ideal di Provinsi Riau, dan bagi KPU Provinsi Jawa Tengah sendiri, masih banyak tantangan ke depan yang harus dilakukan untuk  meningkatkan eksistensi serta manfaat Rumah Joglo Pemilu bagi  masyarakat luas .

By | 2017-01-23T13:26:26+00:00 Januari 20th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Mendongkrak partisipasi pemilih dengan mendirikan Rumah Pintar Pemilu

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras