Menjelang Hari Pemungutan Suara, Jajaran KPU dan Bawaslu di Jateng Identifikasi Potensi Permasalahan

/, Info Pilkada/Menjelang Hari Pemungutan Suara, Jajaran KPU dan Bawaslu di Jateng Identifikasi Potensi Permasalahan

Menjelang Hari Pemungutan Suara, Jajaran KPU dan Bawaslu di Jateng Identifikasi Potensi Permasalahan

Magelang, kpu-jatengprov.go.id — Hari pemungutan suara, 15 Februari 2017 kurang dari sebulan lagi. KPU Jateng dan Bawaslu Jateng semakin intensif melakukan konsolidasi. Dalam rangka menguatkan sinergitas antar 2 lembaga ini, Bawaslu Jateng menggelar Rakor Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2017 di Hotel Atria, Magelang (20/1).

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu diikuti oleh Panwaslu dan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017 di Jawa Tengah.

Hadir sebagai pembicara Prof. Muhammad (Ketua Bawaslu), Ikhwanudin (Anggota KPU Jateng), Abhan (Ketua Bawaslu Jateng), Teguh Purnomo (Anggota Bawaslu Jateng) dan Juhana (Anggota Bawaslu Jateng).

“Tahap tungsura adalah titik krusial pelanggaran yang potensial, sehingga koordinasi di tingkat bawah sangat diperlukan. Melalui forum ini saya kira sangat penting sebagai ikhtiar untuk kesuksesan penyelenggaraan pilkada. Harapannya potensi permasalahan dapat diselesaikan dalam forum ini”, terang Abhan.

Ketua Bawaslu, Muhammad sangat mengapresiasi forum konsolidasi antara Panwaslu dan KPU Kabupaten/Kota ini.  Tidak ketinggalan ia mengingatkan beberapa potensi yang akan muncul terkait money politic, kualitas penyelenggara, perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara, penggunaan hak pilih,  keterlibatan ASN/aparat desa dan saksi di TPS.

Sementara Ikhwanudin menekankan beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan jajarannya. Ia juga menginstruksikan agar di kabupaten/kota dilaksanakan bimtek terpadu KPU Kabupaten/Kota dan Panwaslu.

“Sepulangnya dari KPU Kabupaten/Kota yang belum menyelenggarakan bimtek tungsura agar turut mengundang Panwaslu dan jajaran dibawahnya, bahkan kalau perlu tim kampanye pasangan calon diikutkan. Bagi kabupaten/kota yang sudah menyelenggarakan dan belum mengundang jajaran panwas maupun tim kampanye pasangan calon agar diagendakan bimtek sekali lagi”, jelas Ikhwan. (nar/red)

By | 2017-01-23T11:32:34+00:00 Januari 21st, 2017|Berita, Info Pilkada|Komentar Dinonaktifkan pada Menjelang Hari Pemungutan Suara, Jajaran KPU dan Bawaslu di Jateng Identifikasi Potensi Permasalahan

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras