Semangat Efisiensi dalam pembiayaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah

//Semangat Efisiensi dalam pembiayaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah

Semangat Efisiensi dalam pembiayaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah

Semarang, kpu-jatengprov.go.id- Melaksanakan Pilkada Serentak dengan semangat efisiensi dalam hal pembiayaan, maka struktur anggaran pada pelaksanaan Pilkada Serentak Gelombang 3 di Tahun 2018 , benar- benar  dipersiapkan secara detail supaya tidak terjadi double anggaran antara Pilgub dengan Pilbup atau Pilwakot, disampaikan oleh Joko Purnomo, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah pada saat menerima kunjungan Kerja Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Selatan ,Selasa (10/01/ 2017).

Rombongan yang dipimpin oleh Muhammad F. Ridho, ST, MT ( Ketua Komisi III), mengemukakan maksud dan tujuannya untuk melakukan studi komparasi tentang penganggaran dan pertanggungjawaban Dana Hibah KPUD Provinsi, karena di tahun 2018 nanti, baik Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jawa Tengah sama-sama menyelenggarakan  Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan   Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Pemilihan Walikota dan Wakil di beberapa Kabupaten/ Kota secara serentak.

Untuk anggaran persiapan , Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah mempersiapkan dana cadangan yang sudah dialokasikan secara bertahap sesuai dengan Perda Nomor 14 Tahun 2014 tentang Dana Cadangan Pilkada Jawa Tengah Tahun 2018, yang nilainya  mencapai Rp550 miliar, dari jumlah yang diusulkan sebesar Rp. 1.131 Triliun maka kekurangannya akan dianggarkan di Tahun 2018. Sebagai gambaran, pos anggaran yang nilainya cukup besar adalah Honor Badan Penyelenggara, Biaya Fasilitasi Kampanya Pasangan Calon dan Biaya Verifikasi Pasangan Calon Perseorangan

KPU Provinsi Jawa Tengah juga melakukan beberapa  langkah seperti melakukan koordinasi secara intensif dengan 7(tujuh) Kabupaten/ Kota tersebut untuk mengharmonisasikan  beberapa pos anggaran, kemudian menggandeng BPKP( Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) di masing-masing Kabupaten/ Kota sebagai verifikator terhadap anggaran mana saja yang boleh dibelanjakan.

By | 2017-01-23T13:04:50+00:00 Januari 10th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Semangat Efisiensi dalam pembiayaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras