Selamat Datang di KPU Provinsi Jawa tengah   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di KPU Provinsi Jawa tengah

DPD RI Monitoring Pilkada 2017 di Pati

//DPD RI Monitoring Pilkada 2017 di Pati

DPD RI Monitoring Pilkada 2017 di Pati

Pati, kpu-jatengprov.go.id – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, dengan calon tunggal mengundang perhatian, DPD RI. Kabupaten Pati, salah satu penyelenggara Pilkada serentak dengan paslon tunggal, memiliki keunikan dengan munculnya relawan kotak kosong, yang mengundang kontroversi. 

Pada Pilkada Serentak 2017 mendatang, ada delapan daerah yang menyelenggarakan dengan pasangan calon tunggal. Adanya fenomena tersebut, Komite I DPD RI, membagi anggotanya melakukan kunjungan kerja ke delapan daerah tersebut, salah satunya ke Kabupaten Pati.

Usai menerima paparan persiapan pencoblosan di Setda Pati, Senin siang (6/2), Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowam mengungkapkan, delapan daerah yang menyelenggarakan Pilkada dengan paslon tunggal, tersebar mulai daerah Aceh, Lampung, Jawa, Maluku, dan Papua. Namun bedanya dari ke tujuh daerah lainnya, Kabupaten Pati lebih unik, dengan munculnya relawan kotak kosong.
“Seperti yang disampaikan, KPU, Banwaslu, dan Polres juga memang perlu adanya regulasi detail mengenai kolom kosong. Dimulai dari keputusan MK sudah, tapi dalam tataran hukum berikutnya, di Undang-undang, kemudian di Peraturan KPU belum diregulasi secara pasti,” tuturnya.

Akhmad Muqowam menjelaskan, meski belum ada aturan yang detail untuk mengimplementasikan keinginan kotak kosong menjadi peserta Pemilu, dan diperlakukan sama dengan paslon, justru menjadi permasalahan tersendiri untuk dibawa dalam pembahasan undang-undang. 
“Nanti pada pembahasan undang-undang. Ini kan temuan, soal regulasi itu mau dimana tempatnya, mau di UU atau dimana itu soal nanti,” katanya 

Pada kesempatan tersebut, rombongan Komite I DPD RI, banyak menerima masukan mengenai persiapan penyelenggaraan Pilkada dari Ketua Tim Desk Pilkada Pati, yang juga Sekda Pati, Desmon Hastiono, Kapolres AKBP. Ari Wibowo, SIK, Ketua KPU Muhammad Nasich, Komisioner Panwaslu Achmadi, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo, Ketua Banwaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan, SH, serta turut dihadiri Dandim 0718/Pati, Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma.

By | 2017-03-13T10:53:36+00:00 Februari 6th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada DPD RI Monitoring Pilkada 2017 di Pati

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras
Click to listen highlighted text!