REAL COUNT SEBAGAI BENTUK TRANSPARANSI HASIL PILKADA SERENTAK 2017 DI 101 DAERAH

//REAL COUNT SEBAGAI BENTUK TRANSPARANSI HASIL PILKADA SERENTAK 2017 DI 101 DAERAH

REAL COUNT SEBAGAI BENTUK TRANSPARANSI HASIL PILKADA SERENTAK 2017 DI 101 DAERAH

Jakarta-kpu-jatengprov.go.id- Berdasarkan catatan dan penilaiain  KPU RI , penyelenggaraan Pilkada Serentak 2017 di 101 daerah secara umum berjalan lancar dan baik, meskipun begitu penyelenggara pemilu diminta untuk tetap mempersiapkan diri terhadap kemungkinan adanya gugatan , dimana jumlah permohonan perkara perselisihanhHasil Pemilihan ke  Mahkamah Konstitusi sampai dengan hari  Selasa,  28 Februari  2017 , yang sudah masuk adalah 41 daerah.

Dalam sambutannya pada Rapat Koordinasi Pengelolaan Dokumen Hasil Pilkada 2017, yang digelar pada tanggal 28 Februari dan 1 Maret 2017, Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melakukan konsolidasi data terhadap hasil pilkada, kemudian evaluasi terhadap kegiatan pemungutan dan penghitungan serta persiapan terhadap perselisihan hasil pemilihan. Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan memberikan catatan bagi KPU untuk  dievaluasi dalam usaha meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan. Pada pilkada 2017 ini terjadi kenaikan yang cukup signifikan pada partisipasi pemilih difabel, karena KPU berkomitmen untuk memberikan pelayanan secara maksimal bagi pemilih untuk dapat menggunakan Hak Pilihnya, dengan menyelenggarakan pemilihan yang aksesible.

Angka partisipasi masyarakat secara keseluruhan tercatat 74%, meskipun masih dibawah target nasional yaitu 77,5%, oleh karena itu ke depan KPU diminta untuk lebih masif lagi dalam membangun kesadaran publik untuk menggunakakan Hak pilihnya. Pada penyelenggaraan Pilkada 2017, KPU menyediakan informasi hasil penghitungan suara menggunakan Aplikasi Situng dan ditampilkan secara Real Count berdasarkan Formulir C1 di TPS, yang dapat diakses melalui https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil, animo masyarakat cukup tinggi terhadap hasil  penghitungan suara, tercatat hasil kunjungan mencapai kurang lebih 16 ribu pengunjung yang mengakses portal tersebut pada hari H, 15 Februari.

Tentu dengan adanya transparansi hasil penghitungan suara tersebut, dapat memenuhi keingintahuan publik akan hasil Pilkada dengan cepat, efektif dan efisien. Terkait beberapa daerah yang belum 100% menampilkan hasil scan maupun entry terhadap hasil perolehan pada portal situng, KPU RI meminta segera dilengkapi  dan jika ada kendala maka perlu dilakukan evaluasi terhadap  proses tersebut .  Pada Pilkada 2017, ada 44 TPS  di 15 daerah yg dilakukan Pemungutan Suara Ulang , oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap kinerja badan penyelenggara khususnya KPPS , supaya ke depan mereka dapat lebih memahami dan terampil dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di lapangan.

 

 

By | 2017-03-06T13:15:31+00:00 Februari 28th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada REAL COUNT SEBAGAI BENTUK TRANSPARANSI HASIL PILKADA SERENTAK 2017 DI 101 DAERAH

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras