Selamat Datang di KPU Provinsi Jawa tengah   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di KPU Provinsi Jawa tengah

Melalui Rumah Pintar Pemilu “INTANPARI”, Pembelajaran Demokrasi Dibuat Menjadi Menyenangkan

//Melalui Rumah Pintar Pemilu “INTANPARI”, Pembelajaran Demokrasi Dibuat Menjadi Menyenangkan

Melalui Rumah Pintar Pemilu “INTANPARI”, Pembelajaran Demokrasi Dibuat Menjadi Menyenangkan

Karanganyar, kpu-jatengprov.go.id — Keikutsertaan dalam pemilu maupun pilkada menjadi hal yang sangat penting. Masyarakat perlu didorong untuk memiliki kesadaran berperan secara aktif dalam penyelenggaran pemilu dan pilkada, bukan hanya sekedar datang untuk memilih di TPS, namun juga memiliki kontribusi di setiap tahapannya.

Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM saat peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Intanpari yang langsung diresmikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ida Budhiati, SH, MH bertempat di halaman kantor KPU Kabupaten Karanganyar, Rabu (29/3).

“Kami pemerintah daerah menyambut baik pendirian RPP Intanpari, semoga dapat mengundang masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam pemilu dan menggugah kesadaran mereka untuk berkontribusi menentukan nasib daerahnya”, ungkap Juliyatmono.

Menurutnya, konsep RPP Intanpari membuat pembelajaran demokrasi menjadi menarik dan menyenangkan sehingga dirinya yakin masyarakat akan antusias.

Nama Intanpari sendiri merupakan kependekan dari Informasi Tentang Pemilu dan Demokrasi. Diharapkan melalui Rumah Pintar Pemilu ini akan muncul generasi yang diharapkan mampu menjadi pemilih cerdas dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Ida Budhiati dalam sambutannya bercerita bahwa RPP merupakan program yang terus dikembangkan sejak Pemilu 2004 yang awal mulanya dimulai dengan pembangunan perpustakaan dan media center.  Pendirian RPP sendiri dimulai sejak tahun 2015 dengan pilot project di 9 Provinsi dan 18 Kab/Kota yang tujuannya sebagai sumber informasi kepemiluan bagi masyarakat.

“Kami mengembangkan ruang untuk memberikan informasi yang lebih komprehensif kepada masyarakat terkait kepemiluan dalam bentuk pusat pendidikan pemilih yang kemudian diberi nama RPP”, terang Ida.

Salah satu keunggulan yang ditonjolkan oleh RPP Intanpari adalah keberadaan anjungan digital berbasis web yang menyediakan informasi tentang kepemiluan dan demokrasi.

Rangkaian acara peresmian yang dihadiri Forkopimda, Ketua KPU Jateng, KPU Kabupaten/Kota, perwakilan partai politik, ormas serta LSM secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 8 kali diikuti penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. (foto : dok-th, nar/red)

By | 2017-04-06T10:12:09+00:00 Maret 30th, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Melalui Rumah Pintar Pemilu “INTANPARI”, Pembelajaran Demokrasi Dibuat Menjadi Menyenangkan

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras
Click to listen highlighted text!