Launching Rumah Demokrasi Sragen sebagai Miniatur Penyelenggaraan Pemilu

//Launching Rumah Demokrasi Sragen sebagai Miniatur Penyelenggaraan Pemilu

Launching Rumah Demokrasi Sragen sebagai Miniatur Penyelenggaraan Pemilu

Sragen,kpujateng-prov.go.id- Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, KPU Kabupaten Sragen mendirikan Rumah Pintar Pemilu yang dinamakan Rumah Demokrasi Sragen (RDS). Dengan memanfaatkan ruang multi fungsi , KPU Kabupaten Sragen berkomitmen untuk dapat menyediakan wadah informasi seputar kepemiluan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum serta komunitas mitra yang sudah dibentuk oleh KPU Kabupaten Sragen sebagai bentuk pendidikan pemilih.

RDS terdiri dari  Ruang Simulasi TPS, Ruang Display merangkap Ruang Diskusi , Ruang Audio Visual yang dinamakan Studio Pemilu RDS dan Ruang Perpustakaan yang terintegrasi dengan Ruang PPID, RDS juga dilengkapi dengan Aplikasi Sragen Melek Pemilu ( Gen Melu) yang didalamnya tersedia berbagai informasi seperti Regulasi, Info Partai, Jadwal Tahapan, Info Kandidat, Peta TPS, Cek DPT, Real Count dan Pelayanan Informasi Publik. Aplikasi Gen Melu tersebut, menurut Ketua KPU Kabupaten Sragen, Ngatmin Abbas, S.Ag, M.PI merupakan miniatur penyelenggaraan Pemilu yang menyajikan info secara komprehensif untuk menjadikan pemilih menjadi lebih cerdas, untuk menguji kemampuan pengetahuan masyarakat seputar kepemiluan, KPU Kabupaten Sragen membuat games Tebak Tahapan, Quiz demokrasi dan kepemiluan dan Ular Tangga Demokrasi yang cukup mudah untuk dimainkan.

Launching yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 April 2017 diresmikan oleh Anggota KPU RI, Dr. Ferry Kurnia Rizkiansyah, S.IP, M.Si, dalam sambutannya Beliau mengharapkan dengan adanya RDS ini akan meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas pada Pemilu yang akan datang.

Launching tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sragen, Ketua DPRD Kabupaten Sragen, Forkompinda Sragen, Partai Politik, KPU Kabupaten/ Kota Solo Raya, Instansi terkait serta komunitas mitra partisipasi masyarakat.

Pada kesempatan itu KPU Kabupaten Sragen juga memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Cerdas Cermat Pemilu tingkat SMA/SMK/MAN, pemenang Lomba Vokalia serta pengukuhan komunitas mitra oleh Ketua KPU Kabupaten Sragen.

 

By | 2017-04-05T11:52:59+00:00 April 1st, 2017|Berita|Komentar Dinonaktifkan pada Launching Rumah Demokrasi Sragen sebagai Miniatur Penyelenggaraan Pemilu

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras