Peresmian Rumah Pintar Pemilu Kota Salatiga

/, RumahPintarPemilu/Peresmian Rumah Pintar Pemilu Kota Salatiga

Peresmian Rumah Pintar Pemilu Kota Salatiga

Salatiga – KPU Salatiga, Selasa (19-09-17) mengadakan kegiatan launching Rumah Pintar Pemilu. Acara yang dihadiri oleh berbagai instansi baik dari pemerintah maupun swasta. Launching Rumah Pintar Pemilu dibuka dengan sambutan dari Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Bapak Joko Purnomo.

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah menegaskan 3 (tiga) poin penting tentan Rumah Pintar Pemilu, yaitu pertama RPP merupakan program nasional dimana RPP akan dijadikan sebagai wadah untuk pusat pendidikan pemilu, sejarah pemilu, sistem pemilu, dan sistem demokrasi, dimana Balai pemilu yang ada di provinsi Jawa Tengah tinggal menyisakan 3 wilayah lagi. Dengan jumlah pemilih pemula yang cukup besar maka hadirnya RPP dapat menjadi tempat untuk memberikan pendidikan tentang sistem demokrasi hingga ideologi Pancasila.

Kemudian, Bapak Joko Purnomo juga menginformasikan bahwa Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 sudah memasuki tahapan pra-pencalonan dimana dalam tahapan ini memiliki kegiatan untuk menentukan besaran jumlah syarat dukungan calon baik untuk perseorangan maupun dari partai. Syarat dukungan untuk calon perseorangan adalah sebesar 6.5% dari DPT Provinsi Jawa Tengah, sedangkan untuk calon dari partai adalah didukung 20% dari kursi DPRD Provinsi Jawa Tengah. Selain tentang syarat dukungan juga dijelaskan tentang arti dan makna dari maskot dan tagline Pilgub Jateng “Becik tur Nyenengke”.

Terakhir Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Bapak Joko Purnomo mengingatkan bahwa rumah pintar pemilu harus dapat memberikan pendidikan pemilu kepada masyarakat dan dapat bekerja sama dengan pihak pemerintahan daerah maupun perusahaan daereah (BUMD/BUMN) dalam perkembangannya, baik secara isi ataupun sarana prasarananya.

By | 2017-11-02T13:34:37+00:00 September 19th, 2017|Berita, RumahPintarPemilu|Komentar Dinonaktifkan pada Peresmian Rumah Pintar Pemilu Kota Salatiga

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras