Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kota Salatiga

/, Info Pilkada, PilgubJateng2018/Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kota Salatiga

Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kota Salatiga

Kota Salatiga, KPU Jateng (18/10/17)- Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh Ketua KPU Kota Salatiga (Dra. Putnawati.,M.Si), yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kota Salatiga terdapat perpanjangan pendaftaran PPK di Kecamatan Tingkir sampai 20 Oktober 2017 yang disebabkan pendaftar belum memenuhi jumlah minimal, sehingga melalui kesempatan ini, KPU Kota Salatiga mengajak segenap masyarakat untuk berpartisipasi langsung sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan.
Pada acara ini, Anggota KPU Jateng (Diana Ariyanti) menyatakan bahwa saat ini tahapan pemilu serentak telah masuk ke tahapan verifikasi parpol, sedangkan untuk Pilgub Jateng juga telah masuk ke tahapan Pilgub Jateng 2018 yang saat ini sedang malaksanakan rekruitmen penyelenggara di tingkat PPK dan PPS.
Selain itu, Diana Ariyanti juga menyatakan bahwa KPU JATENG mempunyai kewajiban menyampaikan informasi seluas luasnya kepada masyarakat di Jawa Tengah tentang tahapan dan persyaratan calon perseorangan untuk Pilgub Jateng 2018, selain melalui jalur tatap muka, KPU JATENG juga telah meluncurkan aplikasi SIGUB yang dapet didownload di playstore, aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui update perkembangan tahapan Pilgub Jateng 2018.
Perlu diketahui bahwa Peserta Pilgub dapat diusung oleh parpol maupun dari jalur perseorangan, untuk parpol harus didukung minimal 20kursi atau 25% perolehan suara sah di Pemilu 2014. Untuk pencalonan Pilgub pada periode ini, terdapat syarat baru yaitu mampu secara jasmani dan rohani serta bebas penyalahgunaan narkoba yang berdasarkan pemeriksaan kesehatan menyeluruh dengan tidak menghalangi hak disabilitas untuk mendaftar. Untuk syarat pencalonan dari jalur perseorangan adalah harus didukung paling sedikit 6,5% dari dpt pemilu terakhir dan tersebar di lebih 50% jumlah kabupaten/kota di Jateng. Untuk 6,5% dari jumlah dpt pemilu terakhir untuk jateng adalah sejumlah 1.781.606 dan tersebar minimal di 18 kab/kota. Dukungan tersebut harus dibuktikan dengan KTP El atau surat keterangan dari Disdukcapil setempat.
Sedangkan untuk penyerahan syarat dukungan telah diumumkan pada 10 September 2017 yang lalu dan akan diumumkan lagi pada bulan November 2017 yang akan datang.
Terkait tahapan Pilgub yang telah memasuki tahapan rekruitmen PPK dan PPS, perlu diketahui juga bahwa dalam pilkada saat ini, ada syarat baru dalam proses rekruitmen PPK dan PPS, yaitu tentang syarat umur minimal 17 tahun. “Dengan syarat ini, diharapkan generasi muda dapat mulai berperan aktif dalam penyelenggaraan pilgub sebagai penyelenggara di tingkat PPK maupun PPS” tegas Diana Ariyanti.(YG-85)

By | 2017-10-19T08:50:55+00:00 Oktober 19th, 2017|Berita, Info Pilkada, PilgubJateng2018|Komentar Dinonaktifkan pada Sosialisasi Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 di Kota Salatiga

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras