KPU Jawa tengah Selenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Penelitian Administrasi Faktual Partai Politik

/, Pemilu2019/KPU Jawa tengah Selenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Penelitian Administrasi Faktual Partai Politik

KPU Jawa tengah Selenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Penelitian Administrasi Faktual Partai Politik

Semarang, jateng.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa tengah selenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Penelitian Administrasi Hasil Perbaikan Partai Politik dan Pelaksanaan Verifikasi Faktual Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019. Acara yang dibuka oleh Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo (20/12/17) ini dihadiri oleh Anggota KPU Divisi Hukum dan Kepala Sub Bagian Hukum KPU se-Jawa Tengah. Dalam acara ini, materi disampaikan oleh Anggota Komisi Pemihan Umum Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum, M. Hakim Junaidi.

Hakim Junaidi menjelaskan, apabila dokumen faktual kepengurusan partai politik yang pada prinsipnya sudah memenuhi syarat (MS) di KPU RI, maka KPU Kab/Kota tinggal melaksanakan faktual untuk memastikan keberadaan pengurus (Ketua, Sekretais dan Bendahara), 30% perempuan dan kondisi kantor.

“apabila partai politik yang pada prinsipnya sudah memenuhi syarat faktual di KPU RI, KPU tinggal memastikan atau memverifikasi keberadaan pengurus”, jelasnya saat menyampaikan materi.

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Hukum itu menambahkan, ada tiga opsi pada saat faktual keanggotaan Parpol, yang apabila nama, alamat dan anggota Parpol bisa ditemui namun tidak bisa menunjukkan KTA, maka anggota Parpol; pertama Bila menyatakan benar-benar anggota parpol tersebut dan menanda tangani surat peryataan, maka dinyatakan memenuhi syarat; kedua, bila menyatakan bukan anggota parpol tersebut dan tetapi tidak menanda tangani surat peryataan, maka dinyakan memenuhi syarat; ketiga, Bila menyatakan bukan anggota parpol tersebut dan tetapi menanda tangani surat peryataan, maka dinyakan tidak memenuhi syarat.

 

“pada saat faktual keanggotaan Parpol dimana nama, alamat dan anggota Parpol bisa ditemui tetapi tidak bisa menunjukkan KTA, maka anggota Parpol tersebut diminta menuliskan pernyataan”, tambahnya. (AAM/AK)

By | 2017-12-21T09:42:39+00:00 Desember 21st, 2017|Berita, Pemilu2019|Komentar Dinonaktifkan pada KPU Jawa tengah Selenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Penelitian Administrasi Faktual Partai Politik

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras