Lagi: KPU Jateng Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi

/, Pemilu2019/Lagi: KPU Jateng Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi

Lagi: KPU Jateng Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi

Semarang, jateng.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah gelar rapat koordinasi penyusunan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi pemilihan umum tahun 2019 di Ruang Sekar Jagad, Ground Floor Hotel Grand Edge (19/12/17).

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Ahmad Zakki, Kasubbag Teknis dan Hupmas dengan pemateri Anggota KPU Jawa Tengah, Ikhwanudin S.Ag dan Muslim Aisha, S.HI.
Dalam pemaparannya, Ikhwanudin S.Ag menjelaskan bahwa penataan dapil diutamakan berdasarkan prinsip kesinambungan. Dapil yang sudah terbentuk pada Pemilu Tahun 2014 dapat dipertahankan komposisinya.

“Dapil yang sudah terbentuk pada Pemilu Tahun 2014 dapat dipertahankan komposisinya. Dan penataan diutamakan berdasarkan prinsip kesinambungan”, jelasnya.

Ikwanudin menjelaskan mekanisme penataan dapil. Menurutnya, pertama, menentukan jumlah kursi DPRD Kabupaten/ Kota berdasarkan jumlah penduduk; kedua, menetapkan angka bilangan pembagi Penduduk (BPPd), dengan cara membagi jumlah penduduk dengan jumlah alokasi kursi (BPPd = Jumduk: Alokasi Kursi); ketiga, menentukan estimasi jumlah alokasi kursi per-kecamatan dengan cara membagi jumlah penduduk dengan BPPD (sebagai bahan pertimbangan pemetaan dapil); keempat, menggabungkan kecamatan menjadi dapil dengan memperhatikan prinsip – prinsip pemetaan dapil; menentukan alokasi kursi perdapil dengan cara membagi jumlah penduduk di dapil dengan BPPd (alokasi kursi dapil = jumduk dapil : BPPd), apabila terdapat angka pecahan, angka pecahan dihilangkan; keenam, menghitung sisa penduduk, dihitung dengan cara –sisa penduduk= total jumlah penduduk- (kursi teralokasi X BPPd); ketujuh, apabila pada perhitungantahap pertama terdapat sisa kursi maka sisa kursi dibagikan ke dapil dengan sisa penduduk tertinggi

“penataan harus memperhatikan 6 (enam) poin yang telah menjadi kesepakan bersama”, paparnya dalam menjelaskan kepada peserta yang hadir.
(Baca Juga: KPU Jateng Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi)

Selain itu, Muslim Aisha menjelaskan terkait tahapan penting pemilu 2019. Ada dua model, pertama adalah tahapan yang sedang dan akan berlangsung meliputi verifikasi faktual peserta pemilu, penataan dapil dan alokasi kursi, pembentukan badan penyelenggara; dan kedua adalah tahapan dan jadwal yang berhimpitan (pilgub 2018 dengan pemilu 2019), meliputi proses calon perseorangan dengan prsoses Verifikasi Parpol, coklit dengan Verifikasi hasil perbaikan, rekap DPS hasil perbaikan dengan coklit, rekap hasil pemungutan dengan pendaftaran calon, rekap hasil perbaikan DPS.

 

 

“Ada dua model tahapan yang sedang kita hadapi. Pertama adalah tahapan yang sedang dan akan berlangsung, dan kedua adalah tahapan dan jadwal yang berhimpitan” tuturnya

Acara yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo  ini dihadiri oleh Perwakilan Partai Politik, Komunitas, Civitas Akademika, Media, Bawaslu, dan instansi terkait . (AAM/AK)

By | 2017-12-21T09:31:14+00:00 Desember 20th, 2017|Berita, Pemilu2019|Komentar Dinonaktifkan pada Lagi: KPU Jateng Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan Dapil dan Alokasi Kursi

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras