Gelar Raker Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jateng Targetkan Masyarakat Sadar Pemilu

//Gelar Raker Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jateng Targetkan Masyarakat Sadar Pemilu

Gelar Raker Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jateng Targetkan Masyarakat Sadar Pemilu

Semarang, Jateng.kpu.go.id – KPU Jawa Tengah gelar rapat kerja sosialisasi dan partisipasi masyarakat yang dibuka oleh Anggota KPU Jawa Tengah Devisi Hukum, Hakim Junaidi.

Hakim mengatakan bahwa untuk menuju Pilgub yang berkualitas, perlu adanya sosialisasi yang masif dari pihak penyelenggara.

“Kita perlu memasifkan gerakan sosialisasi untuk Pilgub yang berkualitas”, sampainya saat membuka acara.

Dalam Raker ini, turut hadir pemateri dari KPU RI, Wahyu Setiawan. Menurutnya, sosialisasi dan pendidikan berbasis keluarga dan warga internet menjadi titik penting mengingat keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat, dimana terjadi interaksi antara anak dan orang tuanya.

“Dalam keluarga terdapat sistem musyawarah yang demokratis”, ujarnya

Anggota KPU RI itu menjelaskan, posisi orang tua dalam keluarga sudah banyak yang memainkan peran sebagai agen sosialisasi dan pendidikan, tetapi masih fokus pada tema-tema keagamaan, pendidikan dan pekerjaan.

“Peran strategis orang tua dalam keluarga tidak hanya sebatas itu. Ora tua juga perlu melakukan pendidikan kepemiluan”, sambungnya.

Wahyu Setiawan juga menuturkan, terkait warga net, jumlah penduduk Indonesia yang menggunakan internet mencapai 132,7 juta atau 51,7 persen dari total jumlah penduduk. Dalam hal ini, generasi milenial merupakan kelompok usia yang paling banyak mengakses internet dan media sosial, sementara penduduk yang berstatus sebagai pemilih sebagian besar adalah generasi milenial

“penduduk Indonesia juga banyak yang menggunakan internet. Terlebih generasi millenial. Perlu kita maksimalkan”, tuturnya.

Acara yang dihadiri oleh 3 delegasi Devisi Teknis dari masing-masing KPU se-Jawa Tengah ini diharapkan terbentuknya keluarga sadar Pemilu dengan indikator: Tahu hak dan kewajibannya dalam pemilu; turut serta mendorong terwujudnya pemilu damai, demokratis dan berintegritas; aktif berpartisipasi pada semua tahapan pemilu; keluarga sebagai clearing house terhadap informasi yang bersifat bohong atau hoax yang berasal dari lingkungan sosial di luar keluarga; dan lahirnya tradisi dialog dalam keluarga untuk menyikapi isu-isu kepemiluan.

By | 2018-01-08T15:45:34+00:00 Januari 6th, 2018|Info Pilkada|Komentar Dinonaktifkan pada Gelar Raker Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jateng Targetkan Masyarakat Sadar Pemilu

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras