Cerdas, Berdaulat, dan Anti Hoax

/, PilgubJateng2018/Cerdas, Berdaulat, dan Anti Hoax

Cerdas, Berdaulat, dan Anti Hoax

Surakarta-KPU Jateng  selenggarakan kegiatan bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui kegiatan Goes To Campus bertempat di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS. Hadir selaku pembicara Diana Ariyanti, SP. (Komisioner KPU Jateng) dengan Materi Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pilgub Jateng 2018 dan M.Ikhwan, MH. (Dosen Fak.Hukum UMS) dengan Materi : Peran Strategis Mahasiswa Dalam Pemilu bersama Moderator Ir. Ahmad Kholid Al-Ghofari, ST., MT. (Dosen Fak. Teknik UMS).

Mengundang sebanyak 100 orang mahasiswa yang merupakan perwakilan dari berbagai fakultas yang ada di Universitas Muhamadiyah Surakarta .
Dalam paparannya Diana Ariyanti menyatakan bahwa “anak muda, harus lebih aktif dan lebih peduli terhadap pemilu, dengan aktif mencegah hoax dan aktif mengajak kawan-kawannya untuk berpartisipasi dalam pemilu”. Hal itu didasarkan fakta yang ada dalam masyarakat bahwa hampir semua mahasiswa atau anak muda terbiasa berselancar di dunia internet sehingga mahasiswa diharapkan peduli dan berperan aktif dalam mencegah hoax yang banyak beredar di dunia maya.
Setelah paparan tentang Partisipasi Pemilih Pemula Dalam Pilgub Jateng 2018 dilanjutkan paparan tentang Peran Strategis Mahasiswa Dalam Pemilu dimana diharapkan mahasiswa dapat termotivasi untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu.
Dalam paparannya M.Ikhwan, MH menegaskan bahwa “mahasiswa harus menjadi seorang pemilih yang cerdas, berdaulat, dan jangan sampai suaramu terbeli”. Pernyataan itu selaras dengan kondisi saat ini dimana masyarakat sering dihadapkan dilema dalam memberikan hak pilih antara mengikuti hati nurani, tekanan dari lingkungan, ataupun karena menerima suatu janji dari calon.

Dalam akhir acara diharapkan sosok mahasiswa dapat menjadi partner KPU dalam menyuarakan gerakan anti hoax dan mendorong masyarakat disekitarnya untuk ikut andil dalam pilkada atau pemilu. Mahasiswa yang menjadi agen perubahan harus dapat memilah setiap informasi yang beredar di media sosial dan menyuarakan kepada masyarakat untuk memilih sesuai dengan hati nurani, sehingga dalam pemilu dapat menghasilkan pemimpin atau wakil rakyat yang sesuai dengan harapan serta menyejahterakan rakyat.

By | 2018-03-15T10:41:53+00:00 Maret 15th, 2018|Berita, PilgubJateng2018|Komentar Dinonaktifkan pada Cerdas, Berdaulat, dan Anti Hoax

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras