Sosialisasi Gerakan “Lawan Hoax!”

//Sosialisasi Gerakan “Lawan Hoax!”

Sosialisasi Gerakan “Lawan Hoax!”

Surakarta, jateng.kpu.go.id – Maraknya informasi hoax pada setiap masa kampanye pilkada atau pemilu, seringkali menimbulkan gesekan di dalam masyarakat. Melihat fenomena ini, KPU Jateng bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta) mengkampanyekan gerakan “Pemilih Berdaulat Bergerak Melawan Hoax” melalui kegiatan KPU Jateng Goes To Campus yang diselenggarakan di Ruang Sidang 2 Gedung Pusat UNS Surakarta (27/2).

Kegiatan yang diikuti mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di UNS menghadirkan narasumber Anggota KPU Jateng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Diana Ariyanti dan Andre Rahmanto, dosen UNS.

Terkait gerakan lawan hoax, Diana menghimbau agar dalam menerima setiap informasi, perlu dicerna dulu kebenaran informasi tersebut.
“Pemilih harus memastikan informasi yang diterima adalah informasi yang benar, tidak menelan informasi secara mentah-mentah”, terang Diana.

Ia juga menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam menentukan masa depan bangsa melalui partisipasinya di setiap tahapan pemilu/pemilihan. Hal ini diamini oleh Andre Rahmanto, karena berdasarkan data pemilih pemula di Provinsi Jawa Tengah untuk Pilgub Jateng Tahun 2018 diprediksi mencapai 4,3 juta jiwa atau 15,5% dari jumlah DPT yang diperkirakan.

Oleh karena itu Andre meminta mahasiswa untuk sadar politik dan aktif di setiap tahapan Pilgub Jateng 2018, diantaranya memastikan telah terdaftar sebagai pemilih, memerhatikan rekam jejak calon, memilih berdasarkan visi misi program, mencatat janji calon, dan tolak politik uang, black campaign serta informasi hoax.

Pihak UNS melalui Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Rohman Agus Pratomo berharap dengan mahasiswa menjadi pemilih yang cerdas, tidak asal memilih, serta dapat memberikan warna dalam menentukan pemimpin untuk masa depan, khususnya di Jawa Tengah. (nar/red)

By | 2018-03-01T09:24:09+00:00 Maret 1st, 2018|PilgubJateng2018|Komentar Dinonaktifkan pada Sosialisasi Gerakan “Lawan Hoax!”

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras