KPU Jateng Goes To Campus : Membangun Kepedulian Mahasiswa

//KPU Jateng Goes To Campus : Membangun Kepedulian Mahasiswa

KPU Jateng Goes To Campus : Membangun Kepedulian Mahasiswa

Purwokerto, jateng.kpu.go.id – Kegiatan KPU Jawa Tengah Goes to Campus yang kali ini digelar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jenderal Soedirman, Kabupaten Banyumas (4/4) kemarin, mengangkat tema “Pemilih Cerdas Cikal Politik Waras” diikuti oleh civitas akademi yang berasal dari FISIP Unsoed. Hadir dalam acara Dekan FISIP Unsoed, Dr. Jarot Santoso, M.S., yang dalam sambutan pembuka mengajak para mahasiswa untuk lebih bijak dan arif dalam menyikapi berita yang beredar dalam masyarakat sehingga dapat menjadikan mahasiswa sebagai agen sosialisasi kepemiluan di daerah masing-masing, “Mahasiswa sebagai generasi terdidik harus mampu dan merupakan agen sosialisasi kepemiluan” terang Dr. Jarot Santoso, MS.

Dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Ibu Oktaviani dengan narasumber Drs. Joko Purnomo selaku Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah dan Ahmad Sabiq, MA., yang merupakan Pengamat Politik dan Dosen di FISIP Unsoed. Dalam paparannya dihadap civitas akademik FISIP Unsoed, Joko Purnomo mengatakan “Forum KPU Jawa Tengah Goes to Campus selain sebagai ajang silahturahmi juga menjadi ajang untuk membangkitkan rasa kepedulian pemilih terdidik (mahasiswa) kepada daerahnya”. Hal ini didasari dengan minimnya kontribusi mahasiswa ataupun organisasi mahasiswa terhadap kemajuan daerahnya, sehingga menyebabkan kurangnya informasi tentang kepemiluan di daerah. Sedangkan pada dasarnya mahasiswa merupakan saluran sosialisasi yang dibutuhkan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah sehingga konsep demokrasi sebagai tata kelola pemerintahan yang berdasar dari masyarakat tidak akan maksimal.

Setelah paparan dari Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah dilanjutkan dengan paparan dari Ahmad Sabiq, MA., dan dalam paparannya dikatakan bahwa “Mahasiswa harus lebih aktif dan ikut serta dalam kegiatan kepemiluan terutama dalam memberikan suaranya saat hari pemilihan sebagai bentuk pertanggungjawaban dan kepedulian mahasiswa sebagai generasi terdidik, dalam perkembangan kemajuan daerahnya”, sehingga regulasi-regulasi hasil dari pemerintah dapat berjalan cepat dan tanpa ada penolakan dari masyarakat. Hal ini disebabkan karena sebagian besar masyarakat khususnya mahasiswa telah memiliki sikap apatis terhadap politik, sehingga hampir semua masyarakat memiliki pikiran bahwa politik itu kotor. Dan hal itu merupakan PR untuk KPU bersama mahasiswa untuk mensosialisasikan Pilgub Jateng 2018 sampai ketingkat desa.

Dalam acara yang ditutup dengan foto bersama narasumber, moderator, dan peserta diharapkan dapat menjadi awal dari sikap peduli bersama terhadap Pilgub Jateng 2018 dan Pemilu 2019. (KWN)

 

By | 2018-04-05T14:56:17+00:00 April 5th, 2018|PilgubJateng2018|Komentar Dinonaktifkan pada KPU Jateng Goes To Campus : Membangun Kepedulian Mahasiswa

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras