Jateng.kpu.go.iod – Purwokerto, 29 November 2019. KPU RI menyelenggarakan kegiatan “Diskusi Media dengan KPU Kabupaten / Kota Penyelenggara Pilkada Tahun 2020 di Provinsi Jawa Tengah”, acara dihadiri oleh beberapa media nasional baik media cetak, maupun online serta 21 KPU Kabupaten / Kota di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020.

Kegiatan tersebut akan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Penyusunan Kerja dan Anggaran serta Kesiapan Pemilihan Serentak Tahun 2020, dalam hal ini penyelenggara kegiatan adalah KPU Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Ketua KPU RI, Arief Budiman menyampaikan bahwa Pilkada di Jawa Tengah menarik dan unik, dengan total jumlah anggaran untuk 21 Kabupaten / Kota sebesar 687, 9 milyar yang secara nasional sebesar 8% dari 9,9 trilyun.

Ukuran kesiapan penyelenggara Pilkada dapat dilihat dari 3 aspek, yaitu pertama, soal regulasi, kedua soal sumber daya manusianya dan ketiga soal anggarannya apakah sudah menerima dana NPHD nya. Disampaikan juga bahwa sangat penting membangun kepercayaan publik terhadap proses penyelenggaraan pilkada, yaitu harus transparan dalam bekerja, publik tahu apa yang sedang dilakukan, sehingga masyarakat akan menerima hasilnya dan legowo tidak ada konflik, kemudian bekerja dengan profesional, paham pemilu, paham regulasi,dan berintegritas yaitu bekerja sesuai aturan.


Apabila 3 hal diatas dikerjakan dengan baik maka pemilu menjadi berkualitas, pemilu yang baik dan benar substansinya adalah menghasilkan pemimpin yang baik. Kesimpulannya adalah ada 2 hal penting, apakah 21 KPU Kabupaten/Kota sudah siap menyelenggarakan pilkada dan apakah penyelenggara sanggup menyelenggarakan pilkada tidak hanya secara prosedural tetapi benar secara substansial.