Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menandatanganiMemorandum of Understanding (MoU) dengan sembilan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu Universitas Gadjah Mada,  Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran, Universitas Lampung, Universitas Nusa Cendana, Universitas Sam Ratulanggi, dan Universitas Cenderawasih.
Sebagai tidak lanjut MoU tersebut, Universitas Gajah Mada (UGM) melaksanakan Try Out kurikulum Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu. Try Out ini merupakan awal dari program kelas pendidikan tata kelola pemilu yang rencananya akan dimulai pada semester ganjil, yaitu September hingga Januari.  Try Out ini diikuti oleh peserta dari Sekretariat Jenderal KPU RI dan Bawaslu.
Program ini merupakan hal yang baru di Indonesia dan merupakan kegiatan pertama kali diselenggarakan, karena menghadirkan pendidikan tata kelola pemilu di Indonesia. Nantinya program baru tersebut diperuntukan bagi jenjang pasca sarjana, dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UGM.
Ketua KPU RI Husni Kamil Manik yang hadir dalam penutupan try out tersebut berharap peserta bisa melanjutkan jenjang pendidikannya dalam Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu.
Try out ini merupakan uji coba untuk kelas baru Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu, peserta diharapkan dapat melanjutkan program ini, sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kualitas penyelenggara pemilu,” ujar Husni di Gedung MM UGM Jakarta, Jumat (20/3).
Selain diperuntukan bagi penyelenggara pemilu, Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu ini nantinya dapat diikuti oleh masyarakat umum. Program ini kedepan ditargetkan dapat dibuka kesempatan untuk kelas internasional.
Husni juga menambahkan, dengan akan dibukanya Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu kelas internasional, maka program ini dapat diikuti oleh negara-negara tetangga, karena program pendidikan tata kelola pemilu hanya ada empat di dunia, yaitu Australia, Amerika Serikat, Perancis dan Indonesia.

Lebih lanjut Husni mengingatkan bahwa KPU RI membuka kesempatan beasiswa bagi pegawai Sekretariat Jenderal KPU, Sekretariat KPU Provinsi dan Sekretariat KPU Kabupaten dan Kota untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di Program Pendidikan Tata Kelola Pemilu. (ajg/red. Foto KPU/Hupmas)


Sumber : www.kpu.go.id