Jakarta kpu.go.id – Dari 269 daerah yang tahun ini akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, KPU mengumumkan bahwa terdapat 174 pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan yang memenuhi jumlah dukungan minimal. Penjelasan tersebut diuraikan oleh Ketua KPU RI, saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Senayan, Jakarta, Rabu (24/6).

Selain hal tersebut, Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik mengatakan, data pendaftaran dan penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan, yang diterima oleh KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota sebanyak 254 pasangan calon.

Mengenai pendaftar yang tidak memenuhi syarat, disebabkan karena pertama minim dukungan, selain itu ada juga dua pasangan calon yang terlambat mendaftar di Kota yaitu telat mendaftar 15 menit, serta soft copy kurang, berkas tidak lengkap yaitu satu pasangan calon di Kota dan satu pasangan calon di Kabupaten.

Rincian jumlah pasangan calon yang mendaftarkan diri lihat disini

Dalam sesi tanya jawab, sejumlah anggota Komisi II DPR RI mempertanyakan terbitnya Surat Edaran KPU Nomor: 302/VI/KPU/2015. Selain membahas ketentuan yang dilakukan oleh KPU, RDP tersebut juga membahas RKP, RKA/KL Tahun 2016. (dosen/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)