Semarang, kpu-jatengprov.go.id — Masa Pendaftaran Calon Peserta Pilkada Serentak Tahun 2015 yang dimulai sejak Minggu (26/7) telah ditutup kemarin, Selasa (28/7). Dari 21 Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pilkada di Jawa Tengah pada tahun 2015 ini, sebanyak 58 pasangan calon telah mendaftar. Jumlah pasangan calon terbanyak ada di  Wonosobo, Klaten, Sragen dan Kota Pekalongan yaitu sebanyak 4 orang. Sedangkan di Purbalingga hanya ada 1 pasangan calon yang mendaftar atas nama H. Tasdi, MM dan Dyah Hayuning Pratiwi, sehingga bisa dipastikan masa pendaftaran pasangan calon di Purbalingga diperpanjang paling lama 3 hari sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015.

“Dari 21 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Tahun 2015 di Jawa Tengah hanya di Kabupaten Purbalingga yang pasangan calonnya kurang dari 2, sehingga sesuai ketentuan PKPU harus memperpanjang masa pendaftaran paling lama 3 hari”, ujar Joko Purnomo, Ketua KPU Jateng.

“KPU RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 403 yang mengatur perpanjangan masa pendaftaran. Berdasarkan Surat Edaran tersebut, sebelum perpanjangan masa pendaftaran, KPU Purbalingga harus melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada publik dan partai politik selama 3 hari setelah berakhirnya masa pendaftaran dengan menyampaikan informasi bahwa sampai ditutupnya masa pendaftaran hanya ada 1 pasangan calon yang mendaftar sehingga perlu memperpanjang masa pendaftaran”, sambung Joko. (nar/red)

 

Rekapitulasi Pendaftaran Pasangan Calon Peserta Pilkada Tahun 2015, dapat diunduh disini