Jakarta, kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melaporkan progres pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 kepada Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang sesuai jadwal telah memasuki tahapan kampanye peserta pemilihan, Selasa (1/9).
 
Hal tersebut dilaporkan oleh Ketua KPU, Husni Kamil Manik saat melakukan rapat kerja antara Komite I DPD RI bersama Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiyoso, Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Budi Gunawan, dan Badan Pengawas Pemilu tentang pengawasan Pilkada serentak tahun 2015.
 
Pada kesempatan itu, Husni menjelaskan bahwa terdapat 253 daerah yang berhasil melaksanakan tahapan pendaftaran pasangan calon dan penetapan pasangan calon sesuai jadwal yang telah ditentukan.
 
“Sampai sekarang, dapat kami laporkan proses pendaftaran calon pada tanggal 26 sampai 28 Juli sampai dengan penetapan calon yang sesuai jadwal tanggal 24 Agustus adalah sebanyak 253 daerah,” papar Husni di ruang rapat lantai II Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta.
 
Meskipun muncul kendala selama masa pendaftaran, ia mengatakan bahwa mayoritas daerah yang menyelenggarakan pilkada dapat melaksanakan tahapan itu sesuai jadwal. “Jadi dari 253 daerah tersebut berbanding dengan 269 daerah artinya mayoritas bisa memenuhi jadwal,” lanjutnya.
 
Mengenai tren penurunan jumlah pasangan calon yang mendaftarkan diri dalam pemilihan, salah satu faktor yang dikemukakan oleh Husni adalah jumlah syarat dukung bagi calon independen dan jumlah perolehan kursi partai politik yang meningkat.
 
“Pada penyelenggaraan pilkada periode ketiga pasca reformasi yang diselenggarakan secara langsung, jumlah dukungan persyaratan meningkat. Dari jalur perseorangan peningkatannya hampir 100 persen, sementara untuk jalur partai politik, peningkatanya sekitar 30 persen,” ungkap Husni.
 
Menurutnya, peningkatan tersebut secara tidak langsung berimbas pada jumlah pasangan calon yang mendaftarkan diri. “Konsekuensi peningkatan jumlah dukungan ini akan mempersempit ruang, baik calon perseorangan maupun calon dari partai politik dan gabungan partai politik untuk mengajukannya,” ujar dia.
 
Dengan kerja keras, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Oesman Sapta Odang percaya seluruh instansi terkait bisa menyukseskan pilkada serentak 2015. “Saya percaya instansi-instansi terkait dalam penyelenggaraan pemilu sudah melakukan banyak hal maksimal, dengan support semua pihak dan kerja keras, saya rasa pelaksanaan pilkada ini bisa baik,” tuturnya.
 
Atas paparan yang disampaikan oleh Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Wakapolri, dan Ketua BIN, anggota Komite I DPD RI, Nurmawati memberikan apresiasi atas progres yang disampaikan.
 
“Saya ucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada Ketua KPU; Ketua Bawaslu; Kepala BIN; dan Pak Wakapolri untuk persiapannya menghadapi pilkada serentak 2015. Setelah mendengar paparan tokoh-tokoh ini saya merasa lebih tenang, khususnya untuk daerah Sulawesi, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ujar dia. (rap/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
Sumber kpu.go.id