Semarang, kpu-jatengprov.go.id — Bertempat di Gedung Pers, Jalan Tri Lomba Juang No. 10, Semarang, Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSNNI) Jawa Tengah mengundang KPU Jateng dalam gelaran diskusi Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2015 terkait pelaksanaan kampanye melalui media elektronik radio, Rabu (2/9).

Pada kesempatan itu hadir Anggota KPU Jateng Divisi Sosialisasi, Wahyu Setiawan didampingi Sekretariat KPU Jateng. sedangkan peserta adalah pengurus daerah radio siaran swasta di Jawa Tengah yang telah memiliki Izin Siaran Radio (ISR) dan Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP).

“PRSSNI Jateng mengundang pengurus daerah radio siaran swasta di Jawa Tengah yang telah mengantongi ISR dan IPP pada hari ini untuk mendengar penjelasan langsung dari KPU Jateng terkait Peratruran KPU Nomor 07 Tahun 2015 tentang kampanye sekaligus mensosialisasikan kepada anggota PRSSNI Jateng”, kata Wisnu Pudjonggo, selaku Ketua PRSSNI Jateng.

“Kami tidak ingin ada anggota kami yang mendapat sanksi karena dugaan pelanggaran dalam pemberitaan dan penyiaran kampanye”, sambung Wisnu.

Wahyu menyampaikan bahwa sebenarnya hal-hal yang telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2015 cukup jelas dan dapat dimengerti semua pihak. Akan tetapi memang perlu koordinasi dengan berbagai pihak terkait agar memiliki pemahaman yang sama.

“Pemberitaan dan penyiaran kampanye melalui media massa cetak, media massa elektronik dan lembaga penyiaran diperbolehkan, dan itu telah diatur jelas dalam Peraturan KPU. Yang perlu menjadi perhatian, media harus memperlakukan secara adil dan berimbang dalam memberitakan dan menyiarkan kegiatan kampanye pasangan calon, prinsip ini menjadi penting disamping juga mematuhi kode etik jurnalistik dan etika penyiaran”, jelas Wahyu. (nar/red)