Pemalang, kpu-jatengprov.go.id — Pelaksaan debat terbuka tahap II pasangan calon bupati dan wakil bupati Pemalang  yang digelar KPU Pemalang di Hotel Regina Gedung Regina Convention Centre, Minggu (8/11) berjalan aman dan lancar.

Debat diselenggarakan dengan tujuan mengetahui visi, misi dan program kerja masing-masing Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemalang Tahun 2015, yaitu nomor urut 1 Mukhammad Arifin, A.Md.Teks – Romi Indiarto, S.Pt , nomor 2 pasangan H. Junaedi, SH,MM – Drs. H. Martono, dan nomor 3 Mukti Agung Wibowo, ST, M.Si – Afifudin, SE.

Debat dimoderatori oleh anggota Kompolnas Dr. Hamidah Abdurrahman, SH, MH. Hadir dalam debat tamu undangan yang berasal dari Forpimda, Pakar, Panwas Pemilihan Kab. Pemalang, KPU Prov. Jateng dan KPU Kabupaten/Kota se-Jateng, Tim Pendukung Paslon, Muspika, Dinas/Instansi, Ketua PPK, Ormas, dan Wartawan.

Debat publik dengan tema Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat diawali sambutan Ketua KPU Pemalang Abdul Hakim SHI, dan dilanjut visualisasi dari masing-masing Pasangan Calon yang berisi tentang visi, misi dan program yang akan dilaksanakan apabila nantinya terpilih menjadi Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pemalang periode 2016-2021.

Moderator meminta kepada ketiga Paslon untuk mengambil nomor undian debat yang akan dijawab dan dipaparkan. Paslon nomor urut 1 mendapat nomor undian 3 dengan soal Dimensi Demokrasi, Paslon nomor urut 2 mendapat nomor undian 1 dengan soal Dimensi Keadilan Sosial, sedangkan Paslon nomor urut 3 mendapat nomor undian 3 dengan soal Dimensi Keadilan Ekonomi.

Setelah itu, moderator membacakan uraian singkat tentang ketiga dimensi dan memberikan pertanyaan yang dijawab oleh salah satu Paslon sesuai dengan nomor undian dan dimensi yang telah didapat. Selanjutnya, kedua Paslon lain memberikan tanggapan balik terhadap jawaban dan pemaparan yang telah disampaikan oleh salah satu Paslon dan kembali Paslon yang menjawab memberikan tanggapan balik terhadap tanggapan kedua Paslon lainnya. Di akhir acara, moderator memberikan kesempatan kepada ketiga Paslon untuk menyampaikan closing statement. (nar/red)