Pati, kpu-patikab.go.id — Puluhan siswa SMAN 2 Pati menyatakan dukungannya dengan gerakan sosialisasi Pilkada Pati 2017 yang bersih. Dukungan itu disampaikan para siswa saat kegiatan Pendidikan Pemilih yang dilaksanakan KPU Kabupaten Pati di SMAN 2 Pati, Rabu (16/12). Diantara poster yang ditulis adalah, Stop politik uang, Golput : Gile lu Ndro, Selamatkan Demokrasi kita.

Dukungan itu dilakukan dengan membuat poster-poster yang berisi penolakan terhadap politik uang, penolakan terhadap sikap Golput dalam Pilkada, dan perlunya partisipasi aktif yang dilakukan dalam setiap tahapan Pilkada. Dukungan juga akan dilakukan dengan mengkapanyekan gerakan Pilkada Bersih melalui media social.

Menurut anggota KPU Pati, Ahmad Jukari, para siswa SMAN 2 Pati, keterlibatan para pemilih pemula dalam kegiatan sosialisasi pemilih cerdas dan Pilkada yang bersih dan berintegritas akan memberikan peran penting bagi proses demokrasi di Pati. Menurutnya, para pemuda bisa membantu sosialisasi melalui media social yang jumlah penggunaya cukup banyak dan sudah menyentuh wilayah pedesaan.

“Saat ini jumlah pemilih pemula cukup besar, dan sebagian besar diantara mereka sudah menggunakan media social sebagai tempat mengekspresikan diri. Karena itu kita mengapresiasi jika kelompok pemilih pemula beritikad baik memberikan kontribusi dengan mensosialisasikan Pilkada yang lebih baik,” ujar Ahmad Jukari.

Ditambahkan, beberapa isu penting yang mendapat perhatian sosialisasi bagi pemilih pemula adalah sisi negatif sikap Golput, dampak politik uang, serta tahapan pemutakhiran pemilih dan pencalonan. Terkait dengan tahapan pemungutan suara, pemilih yang cerdas harus memahami visi, misi, program, dan rekam jejak para calon.

Anggota KPU Pati lainnya, Imbang Setyawan menjelaskan, menjelang pelaksanaan Pilkada 2017 yang diselenggarakan pada bulan Februari, KPU Pati mulai meningkatkan kegiatan sosalisasi dengan sasaran pemilih pemula.

“Kebetulan saat ini sekolah-sekolah sudah selesai melaksanakan Ujuan Akhir Semester. Sehingga kita bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah untuk melakukan pendidikan pemilih. Sebelum di SMA N 2 Pati, kita sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi di SMAN Kayen. Setelah ini STM Tunas Bakti Juwana,” ujarnya.

Imbang Setyawan yang juga alumni Fakultas Teknik Undip mengatakan, pihaknya akan meningkatkan frekuensi sosialiasi, khususnya dikalangan pemilih pemula menjelang libur semesteran yang akan datang. “Melihat antusiasme pelajar dalam sosialisasi di beberapa sekolah, kita berharap bisa melakukan sosialisasi lebih massif di kalangan kelompok ini usai semesteran yang akan datang,” ungkapnya. Juk

Sumber : www.kpu-patikab.go.id