Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan Pemilukada, KPU Kabupaten Banyumas menyelenggarakan  kegiatan sosialisasi ke beberapa sekolah dan universitas , dengan kelompok sasaran adalah  pemilih pemula. Kegiatan KPU Visit ini merupakan kegiatan pendidikan politik kepada pemilih yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kepemiluan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Februari mulai hari  Senin tanggal 1 Februari 2016, KPU Visit ke SMAN Patikraja, kemudian pada hari Jum’at 12 Februari 2016 KPU Visit ke SMAN Ajibarang, dan KPU Visit ke  SMK Tujuh Lima Purwokerto pada hari Sabtu, 13 Februari 2016.

Komisioner KPU Kabupaten Banyumas secara bergantian menyampaikan materi ke peserta , seperti Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi, SH, MH yang menyampaikan Materi seputar Kepemiluan seperti sejarah, jenis dan arti Pemilu, pengertian Demokrasi, pengenalan lembaga penyelenggara Pemilu, tahapan dalam penyelenggaraan pemilu, syarat-syarat menjadi pemilih dan calon peserta pemilu, dengan dibantu oleh Staff pada Sub Bagian Teknis dan Hupmas. Untuk diketahui, kegiatan tersebut merupakan hasil  kerjasama dengan pihak Sekolah dan Universitas, sekalipun tidak tersedia anggaran khusus, namun demi untuk terlaksananya Visi dan Misi KPU Kabupaten Banyumas, kegiatan ini tetap dilaksanakan.

Diharapkan setelah mendapatkan sosialisasi, para pemilih pemula tersebut dapat ikut melestarikan tradisi kepemiluan dalam setiap proses pergantian pemimpin dan juga dapat mempraktekkan ilmu yang didapat dalam melaksanakan pemilihan Ketua Osis(Pemilos) maupun Pemilihan Umum Mahasiswa( Pemilwa ) dengan berpedoman pada tahapan-tahapan standar Pemilu, seperti yang sudah dilaksanakan oleh  IAIN Purwokerto pada Pemilihan Umum Raya Mahasiswa IAIN Purwokerto ,  Rabu, 17 Februari 2016.