Semarang, 31 Maret 2016

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggara Pemilu, KPU RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Kepegawaian/ SDM di Lingkungan KPU dan KPU Provinsi se- Indonesia  dengan tema “Konsolidasi Nasional Pembangunan Budaya Organisasi untuk Peningkatan Kualitas Penyelenggara Pemilu “, acara yang akan berlangsung selama 3(tiga ) hari tersebut  dihadiri oleh KPU dari 34 Provinsi se- Indonesia, yang terdiri dari tiga orang yaitu Anggota KPU Provinsi , Sekretaris KPU Provinsi dan Kabag/ Kasubag Provinsi, bertempat di Hotel Aston, Semarang, acara dibuka hari Rabu, 30 Maret 2016 pada pukul 19.00 WIB.  Tujuan utama dari penyelenggaraan Rakor ini adalah mempersiapkan SDM KPU dalam Pilkada Serentak di Tahun 2017, meningkatkan kinerja SDM KPU serta membahas permasalahan dan solusi di bidang kepegawaian.

Sambutan yang pertama dilakukan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo, yang sangat senang dan bangga mendapat kepercayaan dari KPU RI untuk menjadi tuan rumah bagi acara Rakor Nasional  tersebut, karena Semarang merupakan kawasan Pilkada Berbudaya sekaligus kesempatan bagi peserta untuk mengenal lebih dekat dengan Kota Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah.

Sedangkan Plh Ketua KPU RI, Sigit Pamungkas, S.IP, MA dalam sambutannya mengungkapkan sebuah keinginan yaitu sebuah mimpi bahwa suatu saat KPU akan menjadi sebuah organisasi yang bermartabat dan kredibel, dimana semuanya sudah bekerja dengan baik tanpa ada tugas yang terabaikan. Tentu bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya, tetapi dengan komitmen yang kuat, pasti semua itu bisa menjadi nyata.

Forum tersebut juga memberikan  kesempatan  bagi peserta untuk saling berdiskusi merumuskan nilai-nilai budaya berorganisasi yang dapat menjadi pegangan bersama, untuk lebih diperkuat dan disamakan persepsinya sehingga dapat memberikan excellent services, jika pun harus mendaki seribu tangga, bukan berarti tangga pertama tidak memiliki arti dalam menggapai mimpi itu, demikian kalimat penutup dalam sambutan Beliau.

Kemudian acara terakhir pada hari pertama  adalah sesi Motivasi ESQ dengan tema “Membangun Nilai-Nilai Organisasi KPU “ yang disampaikan oleh  Ary Ginanjar Agustian, tokoh pencetus sekaligus pendiri  ESQ  Leadership Center yang terkenal dengan gagasannya bahwa  dalam bersosialisasi dan berhubungan dengan orang lain diperlukan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual.