Semarang, 17 Maret 2016-03-17

KPU Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Indonesian Parliamentary Center ( IPC ) menyelenggarakan Workshop Review Implementasi Keterbukaan Informasi Publik, E-PPID dan Penyusunan Roadmap Transparansi, acara berlangsung selama 2(dua) hari yaitu tanggal 17 sd 18 Maret 2016 bertempat di Hotel Grand Edge Semarang, dengan peserta Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah, Pejabat struktural di Sekretariat KPU Prov. Jateng dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah serta Pejabat PPID KPU Kab. Semarang dan KPU Kota Semarang.

Dalam sambutan pembuka, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Drs. Joko Purnomo, menyampaikan bahwa saat ini adalah era keterbukaan informasi, dimana rasa ingin tahu masyarakat cukup tinggi, jika kita sudah menyediakan informasi yang lengkap maka mereka akan terpuaskan.  Oleh karena itu KPU sebagai badan penyelenggara Pemilu dituntut untuk memberikan informasi yang valid dan akuntabel.  KPU RI juga telah membuat aplikasi untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan informasi yang diajukan oleh publik, yaitu melalui E-PPID , yang keberadaannya menjadi penting untuk diaplikasikan sampai ke tingkat KPU Kabupaten/ Kota.

Meskipun masih ada kendala baik secara internal maupun eksternal dalam pelayanan informasi publik, KPU tetap akan memberikan pelayanan secara maksimal dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia.

Dipandu oleh Erik Kurniawan perwakilan dari Indonesian Parliamentary Center, workshop berjalan dengan atraktif melalu diskusi dan tanya jawab bersama dengan peserta dalam sesi penyusunan roadmap transparansi tahun 2016-2019.