Semarang,kpu.jatengprov.go.id- Berakhirnya Pemilukada Secara Serentak di Tahun 2015, tidak otomatis menghentikan kerja KPU sebagai Badan Penyelenggara Pemilu untuk  melakukan perbaikan daftar pemilih untuk Pemilu selanjutnya melalui Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan sesuai dengan instruksi KPU RI pada Surat Edaran Nomor 176/KPU/IV/2016. Oleh karena itu pada hari Kamis, 19 Mei 2016 KPU Provinsi Jawa Tengah mengundang KPU Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah dalam  Rapat Koordinasi dalam Rangka Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2016, acara dihadiri oleh Anggota KPU Kab/ Kota divisi Mutarlih dan Operator Aplikasi Sidalih.

Disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo pentingnya perbaikan daftar pemilih untuk dapat mengakomodasi hak setiap warga negara yang memiliki Hak Pilih sehingga mereka bisa menggunakan Hak Pilihnya, karena  daftar pemilih selalu menjadi persoalan menjelang dan sesudah  pemungutan suara, sehingga perlu diupayakan metode secara aktif dan pasif untuk menjadikan daftar pemilih yang inklusif, akurat dan mutakhir, serta meningkatkan peran serta berbagai pihak yang  bertanggungjawab dalam pemutakhiran daftar pemilih yaitu pemerintah, partai politik, warga negara dan KPU.

Anggota KPU RI yang hadir , Dr. Ferry Kurnia Rizkiyansyah, S.IP, M.Si  juga memberikan pengarahan kepada peserta rakor, yaitu  KPU berkomitmen untuk menyelesaikan problem-problem terkait daftar pemilih dari pengalaman pada Pemilu sebelumnya, dengan berpegang pada 3(tiga) prinsip penting yaitu bagaimana menghasilkan data yang komprehensif, akurat dan terkini atau mutakhir.