Batang, kpu-jatengprov.go.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang telah menetapkan jumlah minimum syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2017 dengan diterbitkannya Keputusan KPU Kabupaten Batang Nomor 16/Kpts/KPU-Kab-012/329285/Tahun 2016 tentang Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 Sebagai Dasar Penghitungan Jumlah Minimum Dukungan, Persentase Dukungan, Jumlah Minimum Syarat Dukungan dan Persebaran Dukungan Bagi Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Batang Tahun 2017, Minggu (22/5) dalam Rapat Pleno KPU Kabupaten Batang.

Bakal pasangan calon perseorangan paling sedikit harus didukung oleh 43.970 dukungan/pemilih untuk dapat mendaftarkan sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pilkada Batang Tahun 2017. Syarat dukungan tersebut harus tersebar paling sedikit di lebih dari 50% jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Batang (15 kecamatan) yaitu 8 kecamatan. 

Menurut ketentuan Peraturan KPU Nomor 9 tahun 2015 sebagaimana telah diubah dalam PKPU Nomor 12 tahun 2015, Bakal pasangan calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan dan mencatat di dalam formulir B1-KWK Perseorangan dan dilampiri foto kopi KTP pendukung yang nantinya akan diverifikasi secara administrasi dan faktual oleh KPU Kabupaten Batang. (nar/red)