Semarang, kpu.jatengprov.go.id- Bersamaan dengan Launching Rumah Joglo Pemilu Provinsi Jawa Tengah , pada hari Rabu, 9 Juni 2016, KPU Provinsi Jawa Tengah juga berkesempatan untuk memperkenalkan  Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) terbaru yang lokasinya berseberangan dengan Rumah Joglo Pemilu , dimana sebelumnya Ruangan PPID tersebut berada di Lantai 2. Ruang PPID berfungsi sebagai ruang pelayanan informasi publik kepada masyarakat yang membutuhkan informasi terkait kepemiluan.

Ketersediaan ruangan pelayanan informasi satu pintu ini diharapkan akan semakin menguatkan fungsi kelembagaan khususnya bagi KPU Provinsi Jawa Tengah, setelah sebelumnya di Tahun 2015 KPU Provinsi Jawa Tengah meraih peringkat keempat dalam pemeringkatan keterbukaan informasi dalam kategori instansi vertical.

Dengan tersedianya Ruang PPID yang berada satu lantai dengan Rumah Joglo Pemilu, diharapkan akan lebih memudahkan pengunjung RJP yang akan langsung membutuhkan informasi terkait kepemiluan begitu juga sebaliknya untuk para pemohon informasi dapat langsung mengunjungi RJP selagi menunggu permohonan informasi diproses oleh Petugas PPID sehingga 1 tujuan tetapi 2 manfaat sekaligus yang diperoleh.

Sebagai sebuah badan publik, KPU mendukung Keterbukaan Informasi Publik serta berkomitmen untuk bisa menjamin hak warga negara untuk memperoleh dan mengakses informasi publik yang dikuasai oleh KPU secara cepat, tepat waktu, biaya ringan dan sederhana . Oleh karena itu melalui ppid.kpu.go.id permohonan informasi publik dapat dilakukan secara online dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke kantor KPU.