Pati, 28 Juni 2016-Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pati tahun 2017, sudah memasuki Tahapan pencalopatinan, yang dimulai dengan kegiatan Pengumuman penyerahan Dokumen Dukungan bakal pasangan calon perseorangan sejak tanggal 20 Juli – 27 Juli 2016. Sedangkan penyerahan Dokumen dukungan calon perseorangan itu sendiri dijadwal mulai tanggal 6 – 10 Agustus 2016, kata Ketua KPU Kabupaten Pati Much Nasich, pada acara sosialisasi tata cara Pencalonan, Syarat Pencalonan dan Syarat Calon yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Pati di BP. Dikjur Provinsi Jawa Tengah UPT Pati, pada hari Kamis, Tanggal 28 Juli 2016. Lebih lanjut Much Nasich menjelaskan bahwa, semua Dokumen syarat pencalonan, dan syarat calon, baik dari perseorangan maupun dari partai politik harus dimasukkan dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang terintegrasi dengan KPU RI. Oleh karena itu dalam kegiatan sosialisasi tersebut disamping diberikan informasi tentang Tatacara Pencalonan, Syarat Pencalonan dan Syarat Calon, kepada partai politik dan Tokoh masyarakat ditengarai akan maju sebagai bakal calon perseorangan, juga diperkenalkan SILON.

Khusus bagi bakal pasangan calon yang akan maju dari jalur perseorangan, seluruh surat pernyataan dukungan harus dimasukkan dalam SILON. Melalui Silon ini pendukung bakal pasangan calon akan dianalisis kegandaannya, baik kegandaan internal maupun kegandaan antar bakal pasangan calon.

Secara terpisah Sri Susahid yang santer diberitakan akan mencalonkan diri dalam pemilihan Bupati Pati dari jalur perseorangan ketika dimintai pendapatnya mengatakan bahwa keberatan apabila harus memasukkan seluruh pernyataan dukungan kedalam Silon. Pasalnya, semua nama-nama pendukungnya sudah disusun rapi dalam dokumen yang sudah lama dipersiapkan. Namun kalau memang itu diharuskan, dia berjanji akan berusaha untuk memenuhinya. (Ksb.thm.pt.)