Semarang,kpu.jatengprov.go.id- Untuk meningkatkan kualitas jurnal serta minat baca masyarakat tentang informasi kepemiluan yang terkini, 7 ( tujuh ) KPU Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak di Tahun 2017,dan  KPU Kota Semarang yang masing-masing diwakili oleh Kasubag Teknis serta Staff di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah mengikuti  Workshop Jurnal Suara KPU Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016, yang berlangsung selama 1(satu) pada hari Rabu, 27 Juli 2016 bertempat Lantai 3 Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

Untuk lebih memperdalam ilmu seputar jurnalistik pada kegiatan tersebut, KPU Provinsi Jawa Tengah menghadirkan  Narasumber profesional yang berkompeten dibidangnya masing-masing yaitu  Wapimred  Harian Suara Merdeka, Agus Toto  Widyatmoko dan Pimpinan Redaksi Tabloid Cempaka, Agung Mumpuni.

Menurut Agung Mumpuni yang akrab disapa Mbak Uni , dalam menerbitkan berita kita perlu mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam  manajemen keredaksian, karena redaksi diibaratkan seperti sebuah dapur dimana proses “memasak” berita  dilakukan dan yang utama adalah  pentingnya tiap individu  didalam Tim Jurnal Suara KPU untuk dapat bekerjasama  dan  saling membantu dalam  menghasilkan produk yang berkualitas dan memuaskan pembaca.

Berita yang menarik adalah berita yang enak dibaca sedap dirasa, dan akan dibaca hingga tuntas. Mulai dari judul berita hingga isi paragraf terakhir setidaknya mengandung paduan unsur 5W+1H ( What, Who, When, Where, Why dan How ) yaitu berita langsung yang ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya serta mempertimbangkan segi human interest  , disampaikan oleh Agus Toto Widyatmoko.

Pemberitaan jurnal pun tidak harus dalam bentuk cetak,  jurnal atau berita  yang diunggah melalui media sosial akan lebih cepat mendapat respons dari masyarakat dengan demikian edukasi   pendidikan demokrasi kepada pemilih bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan.