Semarang, kpu.jatengprov.go.id, Rabu, 10 Agustus 2016 , Anggota KPU RI, Sigit Pamungkas, S.IP, MA dan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo membuka secara simbolis Acara  Kursus Kepemiluan yang  diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah dengan memberikan penyematan Kartu Tanda Pengenal Peserta. Kegiatan kursus diadakan selama 3 hari yaitu tanggal 10 sd 12 Agustus 2016 bertempat di Lantai 3 Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

Dengan mengambil tema Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 71 Tahun, tempat kursus didekorasi dengan nuansa merah putih dan hiasan janur kuning, untuk melengkapi kemeriahan dan menambah semangat , semua peserta dan fasilitator mengenakan pita berwarna merah putih yang diikatkan di kepala.

Kursus kepemiluan yang diselenggarakan secara gratis oleh KPU Provinsi Jawa Tengah di tahun 2016 ini adalah salah satu bentuk kegiatan Pendidikan Pemilih yang diagendakan setiap tahun , yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas partisipasi masyarakat dalam pemilu, dengan membentuk komunitas-komunitas yang akan menggiatkan semangat demokrasi.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sejumlah 30 (tiga puluh ) orang berasal dari mahasiswa, perempuan,lsm dan ormas, yang sudah melalui proses seleksi administrasi pendaftaran kursus yang dibuka pada tanggal 7 sd 30 Juni 2016.

Selanjutnya pada kesempatan pertama, Anggota KPU RI, Sigit Pamungkas memberikan materi mengenai Prinsip Dasar Partisipasi Dalam Pemilu, selama 3 hari penyelenggaraan kegiatan diisi penyampaian  7(tujuh ) materi oleh fasilitator, bertindak sebagai fasilitator adalah Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah dan Mantan Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Periode Tahun 2009-2013 , Drs. Andreas Pandiangan pada materi Prinsip Dasar Pemilu yang Jujur dan Adil.

Di akhir kegiatan peserta diminta untuk membuat Rencana Tindak Lanjut untuk pedoman kegiatan mereka ke depan, serta hasil lainnya adalah terbentuknya  4(empat) kelompok komunitas, yaitu Komunitas Kajian Demokrasi Indonesia(KKDI) yang concern pada  Kajian (UU dan Peraturan Pemilu/Pemilihan) , Komunitas Payung  Putih Demokrasi (Patih Demokrasi) untuk bidang Pemantauan (Tahapan Pemilu/Pemilihan), Komunitas Joglo Pemilu Pintar pada bidang Pendidikan Pemilih, dan Komunitas Peduli Pemilu Untuk Semua ( KPPUS) tentang Isu-isu khusus perempuan, marjinal, disabilitas dan lain-lain.

Acara pada hari ketiga diakhiri dengan pemberian Piagam kepada peserta, hadiah untuk peserta berprestasi dan  kunjungan ke Rumah Joglo Pemilu Provinsi Jawa Tengah dilantai 1.