Semarang, kpu-jatengprov.go.id – Tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota yang dibuka sejak tanggal 21 – 23 September 2016 telah ditutup. Sebanyak 17 bakal pasangan calon peserta Pilkada Serentak Tahun 2017 resmi mendaftar ke 6 KPU Kabupaten dan KPU Kota di Jawa Tengah.

Yang menarik dari 7 daerah itu, hanya di Kabupaten Batang yang dipastikan saat Pilkada nanti tidak diikuti oleh calon dari petahana saat ini. Sedangkan di Kabupaten Pati, sampai dengan ditutupnya pendaftaran bakal pasangan calon (bapaslon), hanya ada 1 bapaslon yang mendaftar, yaitu pasangan H. HARYANTO, SH, MM, M.Si dan SAIFUL ARIFIN, yang diusung PDIP, Gerindra, PKB, Demokrat, Golkar, Hanura, PKS dan PPP. Hal ini berarti KPU Kabupaten Pati dipastikan melakukan perpanjangan pendaftaran bapaslon yang akan dibuka 28 – 30 September 2016, dengan sebelumnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu selama 3 hari sejak tanggal 25 – 27 September 2017. Jika sampai dengan batas akhir perpanjang pendaftaran itu masih terdapat satu pasangan calon maka pemilihan akan dilanjutkan dengan pemilihan bupati dan wakil bupati  dengan 1 (satu) pasangan calon.

Di Cilacap, ada 3 bapaslon yang mendaftar, yaitu pasangan TATTO SUWARTO PAMUJI – SYAMSUL AULIYA RAHMAN, S.STP, M.Si yang diusung Golkar, PKB, PAN dan Demokrat mendaftar pada hari pertama. Sedangkan 2 pasangan lain mendaftar pada hari terakhir, yaitu TAUFIK NURHIDAYAT – Hj. FAIQOH SUBKY, SH, M.Pd yang diusung PDIP dan PPP, dan H. FRAN LUKMAN, S.Sos, MM – BAMBANG SUTANTO yang diusung Gerindra dan PKS.

3 bapaslon juga telah mendaftar ke KPU Banjarnegara, yaitu BUDHI SARWONO – H. SYAMSUDIN, S.Pd, M.Pd yang diusung Golkar, PPP dan Demokrat, Drs. H. HADI SUPENO, M.Si – NUR HENI WIDAYANTI yang diusung PKS, PKB, Nasdem dan Gerindra, serta H. WAHYU KRISTIANTO, SE – Drs. H. SAEFUL MUZAD, MM yang diusung PAN dan PDIP.

Sementara di Brebes, pasangan petahana IDZA PRIYANTI, SE – NARJO, SH kembali mencalonkan diri dengan dukungan dari PDIP, PKB, Golkar, PAN, Demokrat, PPP dan Hanura sebagai partai pengusung. Mereka akan berhadapan dengan Dr. H. SUSWONO, mantan menteri pertanian yang berpasangan dengan AKHMAD MUSTTAQIN melalui koalisi PKS dan Gerindra.

Di Batang ada 4 bapaslon yang mendaftar, yang terbanyak diantara kabupaten/kota lain di Jawa Tengah. Keempat pasangan itu antara lain H. WIHAJI, S.Ag, M.Pd – SUYONO, S.IP, M.Si yang diusung Golkar dan PPP, A.S. BURHAN – ACARA ARIANI, S.Psi yang diusung PKB dan Nasdem, dr. LAFRAN PANCAPUTRANTO, SpOG (k) – H. NURHAJI SLAMET URIP yang diusung PDIP dan Gerindra dan AKHMAD FAIZIN, ST – ERNA YUNIWATI yang diusung Demokrat, PAN dan PKS.

Petahana akan saling berhadapan pada Pilkada Jepara 2017, dikarenakan keduanya berpisah dan mencalonkan diri lewat kendaraan politik yang berbeda. Bupati Incumbent AHMAD MARZUQI, SE menggandeng DIAN KRISTIANDI, S.Sos sebagai pasangannya pada perhelatan pilkada nanti. Mereka akan diusung oleh PDIP yang memiliki 10 kursi di DPRD Kabupaten Jepara. Sedangkan pesaingnya Wakil Bupati Incumbent Dr. H. SUBROTO, SE, MM berpasangan dengan H. NUR YAHMAN, SH dengan dukungan 40 kursi yang dimiliki oleh PPP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PAN, PKS, Demokrat dan Hanura.

Sama seperti di Brebes, petahana akan kembali berpasangan pada Pilkada Salatiga 2017. YULIYANTO, SE, MM dan MUH. HARIS, SS, M.Si mendaftar ke KPU Kota Salatiga pada Kamis, 22 September 2016. Mereka akan diusung oleh PKS, Gerindra, Golkar, Demokrat, PPP dan Nasdem. Sedangkan pesaingnya adalah pasangan Drs. AGUS RUDIANTO, MM – DANCE ISHAK PALIT, M.Si yang diusung PDIP dan PKB.

Setelah proses pendaftaran, tahapan selanjutnya adalah penelitian syarat calon dari bapaslon yang diajukan baik lewat partai politik/gabungan partai politik maupun perseorangan. Tahap penelitian ini dilaksanakan tanggal 23 – 29 September 2016. Kemudian hasil penelitian akan disampaikan pada 30 September – 1 Oktober 2016, dan diberikan waktu bagi bapaslon apabila ada perbaikan syarat calon untuk kemudian diserahkan kepada KPU Kabupaten/Kota 30 September – 4 Oktober 2016. (nar/red)