Evaluasi Tahapan Coklit Di Pilkada Serentak 2017

/, Info Pilkada/Evaluasi Tahapan Coklit Di Pilkada Serentak 2017

Evaluasi Tahapan Coklit Di Pilkada Serentak 2017

Semarang, kpu-jatengprov.go.id — Guna menghasilkan data pemilih yang akurat pada Pilkada Serentak Tahun 2017 yang akan datang, KPU dan jajaran di bawahnya berupaya selalu membangun sinergitas dengan pihak terkait. Bertempat di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Senin (17/10), diselenggarakan Rapat Koordinasi Evaluasi Pencocokan Dan Penelitian (Coklit) Pilkada Serentak Tahun 2017 Di 7 (Tujuh) Kabupaten/Kota Di Jawa Tengah.

Hadir sebagai peserta Rakor diantaranya Bawaslu Jateng, Kepala Disnakertransduk Provinsi Jawa Tengah, Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Perencanaan dan Data, dan Kepala Dispendukcapil Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2017 di Jawa Tengah.

“Rakor ini diselenggarakan dalam rangka membangun sinergitas dalam tahapan pemutakhiran data pemilih antara KPU dan Disdukcapil. Harapannya dengan hubungan kerjasama yang kuat akan menghasilkan data pemilih yang berkualitas dan akurat”, ujar Diana Ariyanti, Anggota KPU Jateng Divisi Perencanaan dan Data.

Hal ini diamini oleh Kepala Disnakertransduk Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang yang memastikan bahwa Dispendukcapil akan mendukung secara penuh KPU dalam pemutakhiran data pemilih.

“Tugas Disdukcapil men-support KPU dan bergerak sesuai aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Dalam Negeri”, terang Wika

Hasil evaluasi dari pelaksanaan coklit ditemukan beberapa hal yang perlu dikoordinasikan, antara lain Pemilih yang memiliki KTP elektronik (e-KTP) yang tidak mempunyai kartu keluarga (KK), Pemilih tidak memiliki e-KTP dan KK, Pemilih yang berusia 17 tahun pada saat hari Pemilihan dan Pemilih yang berusia 17 tahun tetapi tidak tercantum dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“DP4 merupakan himpunan data baik yang sudah memiliki e-KTP maupun belum memiliki e-KTP yang berusia 17 tahun pada tanggal 15 Februari 2017. Jika belum tercantum pada DPT namun sudah memiliki e-KTP dapat melakukan pemilihan. Apabila belum memiliki e-KTP atau belum terdaftar di DPT dapat menunjukkan surat keterangan dari Disdukcapil sesuai domisili”, jelas Wika. (nar/red)

By | 2016-10-19T16:01:15+00:00 Oktober 18th, 2016|Berita, Info Pilkada|Komentar Dinonaktifkan pada Evaluasi Tahapan Coklit Di Pilkada Serentak 2017

About the Author:

Ubah Ukuran Huruf
Pengaturan Kontras