Kota Mungkid, kpu-magelangkab.go.id_ Menindaklanjuti Program Rumah Pintar Pemilu KPU sebagai wahana berbagi informasi dan penerapan nilai-nilai demokrasi kepada masyarakat, KPU Kabupaten Magelang , kini secara resmi memiliki Wahana Informasi Publik berupa  “Lorong Pintar Pemilu”.

Ketua KPU Jawa Tengah , Joko Purnomo dan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, bersama melakukan prosesi gunting pita sebagai simbol diresmikannya wahana Lorong Pintar Pemilu, Jumat (7/10), disaksikan tamu undangan antara lain  dari sejumlah instansi atau SKPD , ketua partai politik dan perwakilan guru serta pengurus OSIS sekolah menengah atas  di Kabupaten Magelang  .

Prosesi peresmian ini berlangsung setelah Ketua KPU Jawa Tengah , Joko Purnomo, selesai melakukan pengambilan sumpah dan pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) Angggota KPU Kabupaten Magelang periode 2014-2019, Suviratno,S.TP, di Aula Kantor KPU Kabupaten Magelang. Suviratno dilantik menggantikan Muhammad Yasir Arrofat, S.E. yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Joko Purnomo dalam kesempatan itu mengatakan wahana informasi  pemilu kepada publik saat ini menjadi sangat penting keberadaannya sebagai wahana alih informasi nilai-nilai demokrasi  khususnya tentang pemilu di Indonesia kepada masyarakat secara umum dan generasi muda atau pemilih pemula khususnya guna mengimbangi arus informasi yang sangat terbuka ditengah kemajuan teknologi informasi saat ini.

Dalam kesempatan itu  Joko Purnomo memberikan  apresiasi atas  keberadaan Lorong Pintar  KPU Kabupaten Magelang karena meski tidak termasuk dalam proyek rintisan (pilot project-Red)) KPU RI , KPU Kabupaten Magelang mampu mewujudkan wahana ini meski masih dalam format sederhana.

Lebih jauh Ia berharap keberadaaan Lorong Pintar Pemilu KPU Kabupaten Magelang kedepan dapat dikembangkan lebih baik lagi menjadi Rumah Pintar Pemilu sebagaimana program KPU RI.”Kesannya kalau lorong itu sempit dan gelap”, Kata Joko.

Bupati Magelang , Zaenal Arifin dalam kesempatan yang sama juga mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi keberadaan Lorong Pintar Pemilu. “ Ini (Lorong Pintar Pemilu-Red) sangat bagus sebagai wahana pendidikan politik bagi generasi muda atau pemilih pemula. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik mungkin terutama dalam kaitan meningkatkan kualitas pemilu kedepan” ungkapnya.

sementara itu , Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afiffuddin, mengatakan Lorong pintar Pemilu menampilkan perjalanan penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Magelang dalam bentuk foto dan gambar  data di sepanjang lorong ruang kantor KPU Kabupaten Magelang.” Lengkap dengan area photo-booth untuk mereka yang senang selfie (swafoto-Red)” Kata Afif.(***/RED)