jateng.kpu.go.id – KPU Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Rapat Koordinasi dengan 35 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Rakor yang digelar di Aula 1 Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah Jalan Veteran No. 1 A Semarang, Kamis (5/3) ini dalam rangka mengawal pencapaian target kinerja KPU Tahun Anggaran 2020.

Hadir dalam rakor Inspektur Jenderal KPU, Adiwijaya Bakti dan Deputi Bidang Pencegahan KPK, Yuli Amelia. Pengendalian internal secara komprehensif sangat penting untuk Target Kinerja tercapai dengan tingkat akuntabilitas yang optimal.

Pada kesempatan tersebut, Adiwijaya menyampaikan arahan terkait dengan pentingnya SPIP dan dalam penyampaian pelaporan SPIP sesuai keputusan No 443 Tahun 2004 yaitu Triwulan batas waktu diterima paling lambat setiap 15 April, 15 Juli, 15 Oktober, sedangkan laporan tahunan batas waktu pengiriman paling lambat tanggal 20 Januari tahun berikutnya.

Sejalan dengan arahan Inspektur Jenderal KPU, Yuli Amelia menegaskan bahwa Lingkungan Pengendalian yang kondusif akan berkontribusi besar dalam mewujudkan sasaran kinerja yang optimal.

Tak kalah pentingnya disampaikan pula membangun budaya anti gratifikasi, salah satunya memperkenalkan solusi untuk memahami gratifikasi melalui e-learning gratifikasi di http://kpk.go.id/gratifikasi. (*)