Jum’at, 24 Juli 2020
KPU Jawa Tengah menerima kunjungan rombongan Komisi I DPRD Kab. Wonogiri, disampaikan oleh Sugeng Ahmady selaku Wakil Ketua DPRD Kab. Wonogiri dari Fraksi Golkar bahwa maksud kedatangan mereka ke KPU Jawa Tengah adalah untuk berkonsultasi dan mencari referensi terkait pelaksanaan Pilkada Serentak, mengingat Kab. Wonogiri juga menyelenggarakan pemilihan di tahun ini.
Ada 3(tiga) poin pertanyaan disampaikan yang kepada KPU Jawa Tengah yaitu sejauhmana kewenangan KPU Provinsi dalam pelaksanaan pilkada di daerah, kemudian kebijakan apa yang dilaksanakan di tengah pandemi 19 agar pemungutan suara tetap berjalan baik tanpa mengurangi kualitas, serta bagaimana syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam tahapan pencalonan.
Menjawab poin-poin tersebut, KPU Jawa Tengah yang diwakili oleh Muslim Aisha(Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan) yang didampingi oleh M. Taufiqurrohman(Anggota Divisi SDM dan Litbang) menyampaikan bahwa kewenangan KPU Provinsi dalam Pilkada adalah mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan apa yang menjadi persoalan di kabupaten /kota, namun kewenangan teknis sepenuhnya ada di masing-masing KPU Kab/ Kota karena proses eksekusi di tangan mereka selain itu juga memfasilitasi pertemuan dengan stake holders, membantu sosialisasi Kab/Kota, memberikan asistensi dengan monitoring dan supervisi , dan menerima konsultasi KPU Kab/ Kota terkait regulasi.
Terkait regulasi tahapan pemungutan suara belum ada perubahan masih sama dengan menggunakan regulasi sebelumnya tetapi ditambahi dengan aturan penerapan protokol kesehatan Covid19 seperti penyediaan APD bagi petugas KPPS dan pemilih dan aturan jaga jarak.