Semarang, 10 Agustus 2020

Dalam rangka persiapan pemeriksaan kesehatan, KPU Jawa Tengah mengundang pihak terkait dalam Rapat Koordinasi Pemenuhan Syarat Kesehatan Pasangan Calon diantaranya adalah IDI, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BNNP, HIMPSI, RSUP dr. Kariadi Kota Semarang dan RSUP dr. Moewardi Kota Surakarta serta Bawaslu Jawa Tengah. Sebagaimana diketahui kemampuan jasmani dan rohani yang dimiliki oleh para calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah merupakan salah satu syarat yang harus terpenuhi agar mereka dapat melaksanakan tugas-tugasnya. Dalam konteks pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 mengatur bahwa syarat calon harus mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan Narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim.

Kegiatan koordinasi merupakan salah satu bentuk komitmen KPU Jawa Tengah untuk mengawal seluruh tahapan Pencalonan termasuk pemeriksaan kesehatan agar berjalan dengan baik dan lancar, kemudian untuk keseragaman pemahaman, hasil koordinasi akan disampaikan kepada KPU Kab/ Kota Penyelenggara Pilkada untuk ditindaklanjuti. Untuk diketahui, bahwa pemeriksaan kesehatan bagi para calon akan dijadwalkan pada tanggal 4 sd 11 September 2020.

Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat menyampaikan bahwa tahapan pencalonan bersifat krusial bahkan rawan sengketa, oleh karena itu beliau berharap semua tim bekerjasama dengan baik dan bekerja sesuai dengan aturan, dan untuk mencukupi kebutuhan informasi KPU Jawa Tengah siap membantu melakukan mediasi.