Semarang (4/11) jateng.kpu.go.id –KPU Provinsi Jawa menyelenggarakan Sosialisasi terkait Pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan KPU Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari Zona Integritas yakni mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Sebagai Pedoman Pembangunan Zona Integritas tertuang dalam Peraturan Menpan RB Nomor 10 Tahun 2019 perubahan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014.
Terdapat 6 (enam) komponen faktor penentu yang diusulkan dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Sosialisasi pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini dilaksanakan di Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah oleh Sekretaris KPU Jawa Tengah, Sri Lestariningsih kepada Pejabat Struktural dan seluruh karyawan/i sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah, selanjutnya proses pemilihan instansi yang diusulkan sebagai Zona Integritas dilakukan dengan membentuk tim untuk melakukan identifikasi terhadap unit kerja yang berpotensi sebagai unit kerja berpredikat menuju WBK/WBBM oleh pimpinan instansi.