80% keberhasilan atau kesuksesan dipengaruhi oleh faktor disiplin, oleh karena itu untuk meningkatkan kedisiplinan SDM dan kinerja di lingkungan KPU Provinsi maupun KPU Kab/ Kota perlu dilakukan pembinaan secara rutin yang dilakukan di masing-masing satker, hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris KPU Provinsi Jawa Tengah, Sri Lestariningsih kepada seluruh pegawai di lingkungan Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah pada hari Senin, 22 Februari 2021 bertempat di Aula Lt 3, Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa, pembinaan kepegawaian diselenggarakan dalam rangka peningkatan kinerja kelembagaan. Dasar hukum yang dijadikan dasar untuk melakukan pembinaan antara lain Peraturan Pemerintah nomor 42 tahun 2004 tentang Kode Etik PNS, Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS, Peraturan Pemerintah nomor 30 tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Seluruh ASN diharapkan mempelajari dan memahami ketiga peraturan tersebut untuk mendukung komitmen berdisiplin dan terpeliharanya tata tertib, prduktivitas dan kelancaran pelaksanaan tugas. Sebaiknya kedisiplinan juga dimulai dari dalam diri sendiri selain itu juga dimulai dari atasan untuk memberikan contoh dan teladan yang baik. Ada 3(tiga) hal yang dapat dilakukan untuk mengawali langkah disiplin, yaitu kesadaran, keteladanan dan penegakan peraturan.

Kemudian, dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai, KPU Jawa Tengah akan melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi dan knowledge sharing untuk mendukung pencapaian kinerja, setiap minggu pada hari Rabu. Kesemuanya akan memberikan peningkatan kualitas orientasi pelayanan kepada publik.

Materi bisa didowload disini