Semarang,jateng.kpu.go.id-Agenda Rabu Ingin Tahu(28/04) kali ini KPU Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan webinar dengan tema “Bakohumas Media untuk Meningkatkan Literasi Masyarakat”. Peserta webinar adalah KPU dan Diskominfo Kabupaten/ Kota se Jawa Tengah serta masyarakat umum secara gratis melalui Zoom Meeting dan live streaming di chanel Youtube KPU Jateng. Sesuai dengan tema yang diangkat maka KPU Provinsi Jawa Tengah menghadirkan Prof. Dr Widodo Muktiyo( Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa) sebagai narasumber untuk berbagi ilmu.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat, menyampaikan bahwa selama belum memasuki tahapan Pemilu 2024 diharapkan KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/ Kota dapat terus mengembangkan diri salah satunya dalam bidang kehumasan, agar mendapatkan kepercayaan publik yang optimal sebagai penyelenggara pemilu maupun pemilihan, Humas memiliki peran strategis dalam penyebaran informasi, oleh karena itu Rabu Ingin Tahu sebagai agenda rutin mingguan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah dapat dimanfaatkan sebagai forum knowledge sharing dalam bidang kehumasan yang bertujuan untuk memperkuat dan memperkokoh partisipasi publik dan juga sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi kepada publik dalam menyongsong Pemilu 2024.

Selanjutnya arahan Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Diana Ariyanti. Bakohumas sebagai media peningkatan literasi masyarakat harus terus dikembangkan karena Jawa Tengah memiliki peringkat ketiga jumlah pemilih terbanyak yaitu hampir 20juta pemilih., oleh karena itu tugas penyelenggara pemilihan atau pemilu tidak begitu saja usai setelah pemilihan selesai, namun masih ada kewajiban untuk secara berkelanjutan memberikan pendidikan pemilih, mencerdaskan pemilih dalam masa post election. Sinergi dengan instansi lain seperti Dinas Kominfo juga sangat diperlukan untuk menguatkan komitmen dalam penyebaran informasi pemilihan.

Prof.Widodo, menyambut baik forum ini untuk berdiskusi dan berpikir bagaimana tugas-tugas pengelola komunikasi, lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kita tidak pernah lepas dari informasi layaknya makanan, yaitu makanan yang sehat atau yang mengandung racun demikian pula dengan informasi, sehingga Bakohumas dituntut untuk bisa menyemai informasi yang positif dan menyehatkan bangsa.
Acara yang dimoderatori oleh Dewantoputra Adhipermana(Kabag HTH KPU Provinsi Jawa Tengah) tersebut mendapatkan respon baik oleh peserta , dengan memberikan pertanyaan yang cukup menarik terkait dengan tugas dan fungsi kehumasan.