jateng.kpu.go.id- Semarang (03/03), Dalam rangka meningkatkan pemahaman serta kompetensi kepada Sys admin laman resmi di KPU Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah, KPU Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Sistem Laman Resmi bersama KPU Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah. Rakor yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh anggota yang membidangi Sosdiklih Parmas serta Perencanaan dan Data Informasi, Kasubag Teknis dan Hupmas, serta Kasubag Program dan Data serta Operator atau admin system website 35 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Tengah
Rakor yang menjadi bagian dari agenda mingguan “Rabu Ingin Tahu” ini dibuka oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Data dan Informasi, Paulus Widiantoro, dalam sambutannya beliau menyambut baik diselenggarakannya rakor ini karena sebagai sarana edukasi bagi jajaran KPU Kabupaten/Kota dalam mengelola website resmi mereka. Dengan pengelolaan website yang baik, diharapkan dapat meningkatkan kinerja KPU terutama dalam kemudahan akses informasi publik dan menarik minat publik ketika mengaksesnya.
Acara dimoderatori oleh Dewantoputra Adhipermana, Kepala bagian Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Tengah tersebut menghadirkan narasumber, Andre Putra Hermawan, Koordinator Bidang Infrastruktur dan Teknologi Informasi KPU Republik Indonesia.
Rapat Koordinasi kali ini membahas masalah – masalah yang dihadapi oleh jajaran KPU Kabupaten/ Kota diantaranya masalah dalam pengelolaan laman website resmi KPU dan security web laman resmi KPU Kabupaten/Kota.
Andre Putra Hermawan mengatakan bahwa, dengan penyeragaman hosting, domain, website template milik KPU Kab/Kota menjadi sama dengan KPU RI, maka akan memudahkan KPU Kabupaten/ Kota dalam pengelolaan website.
Selain itu, dengan hosting dan domain yang sama, tingkat keamanan akan menjadi lebih baik karena apabila terjadi pembajakan (hack) website, KPU RI lebih mudah mengontrol dan membantu untuk memperbaikinya.
Pembagian peran dalam pengelolaan website juga mempengaruhi kualitas website maupun konten didalamnya, Divisi Datin dan Sub Bagian Program, Data dan Informasi bertanggung jawab pada pengelolaan website, segala perubahan dapat dilakukan sesuai dengan keinginan user, sedangkan Divisi Sosdiklih Parmas dan Sub Bagian Teknis bertugas untuk mengelola konten yang akan diunggah ke dalam website, kedua bagian ini diharapkan dapat berkolaborasi dengan baik untuk  menyajikan konten dan tampilan website yang dinamis.